Cinta dan kasih sayang menjadi resep abadi yang harus selalu ada di dalam sebuah hubunganTerkadang kata cinta memang mudah terucap, tapi sesungguhnya dalam sebuah hubungan dibutuhkan lebih dari sekadar kata-kata sebagai cara menunjukkan kasih sayang.

Baca juga: Intip 6 Cara Mempertahankan Hubungan Dengan Pasangan

Ada begitu banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat pasangan merasa sangat disayangi. Simak cara-cara berikut ini dan buatlah si dia merasa dicintai sepenuhnya.

Selalu Usaha untuk Meluangkan Waktu

Sebagai pengingat di awal, ada banyak hal yang bisa dicari kembali, tapi hanya waktu yang tidak bisa kamu ambil kembali. Saat masih pacaran, para pria terbiasa meluangkan banyak waktu untuk pasangannya, tapi begitu sudah dapat intensitasnya malah berkurang.

Memang meluangkan waktu bersama pasangan terdengar hal yang mudah dilakukan, tapi percayalah secara tak disadari hal ini justru sulit untuk dilakukan. Kalau kamu tidak mau pasangan merasa dirinya taken for granted, mulailah meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu bersamanya.

Durasi bukan menjadi hal yang pertama karena intensitas menjadi yang utama. Jangan menghabiskan 24 jam penuh untuk bersamanya lalu enam hari kemudian hilang tanpa bekas. Mulailah dengan ikut membuat sarapan bersamanya di dapur atau sekadar binge-watching Netflix setelah pulang kantor.

Hargai Setiap Hal yang Ia Lakukan

Sifat dasar para wanita salah satunya adalah begitu perhatian dalam melayani orang-orang yang ia sayangi dan juga sangat perasa. Ia akan merasa disayang saat kamu memberikan perhatian atas apa yang telah ia lakukan untuk orang-orang atau lingkungan di sekitarnya.

Bukannya gila pujian, tapi tak ada salahnya untuk memberikan dirinya apresiasi dalam bentuk apa pun sebagai penghargaan atas perhatian yang telah ia berikan secara maksimal. Apresiasi ini akan membuat pasangan kamu memiliki semangat baru dan merasa begitu dihargai sekaligus disayang.

Berikan Afeksi

Biasanya, semakin lama seseorang menjalin hubungan, intensitas afeksi akan semakin berkurang. Hal ini bisa menyebabkan pasangan merasa insecure hingga merasa dirinya tak lagi menarik.

Baca juga: Berbuat Salah? Ini Cara Meminta Maaf Yang Tepat Ke Pasangan

Hindari potensi-potensi negatif ini dengan memberikan kejutan tanda kasih sayang. Tidak, kita tidak sedang memberikan kejutan berupa barang atau kado karena biasanya itu yang kita berikan saat sedang merasa salah atau ada yang disembunyikan, kan? Haha.

Tindakan lebih penting dari pada sekadar barang yang bisa saja habis masa berlakunya. Biasakan memberi kecupan di pagi hari sebelum kamu berangkat kerja, hingga siapkan kejutan untuk sesi panas lanjutan di malam hari sepulang kamu bekerja.

Ingat Semua Tanggal Penting

Pada usia-usia matang, biasanya setiap pria hanya mengingat tanggal-tanggal penting saja, seperti gajian atau jatuh tempo tagihan. Well, ini memang menyebalkan, tapi kamu juga harus mengingat momen-momen penting yang mungkin hanya pernah terjadi satu kali setiap tahunnya.

Padahal, meski pasangan tidak pernah terang-terangan marah karena mungkin saja kamu lupa, tapi sebenarnya wanita ingin sekali pasangannya mengingat hal-hal seperti ini. Ruang di otak semakin sempit untuk mengingat tanggal? Let’s embrace the tech and use the digital calendar. Asal jangan sampai pasangan kamu tahu saja…

Coba Hal Baru Bersama Pasangan

Bukan cuma pria lho yang suka akan tantangan baru. Pasanganmu juga pastinya menginginkan petualangan baru untuk keluar dari rutinitasnya. Nah, cara menunjukkan kasih sayang kepada pasangan bisa dengan mencoba berbagai aktivitas bersama seperti naik gunung, olahraga bersama, atau coba sesi panas terbaru. Ingat ya: No girl wants to be bored on a date.

Baca juga: Hindari 7 Kesalahan Ini Dalam Menjalin Hubungan

Jangan terlalu memikirkan hal yang sulit-sulit untuk menunjukkan rasa cinta agar pasangan selalu merasa disayang. Hal-hal sederhana yang tak terduga justru akan jauh berkesan buat dirinya.