Salah satu aktivitas yang bisa mempererat hubungan di antara pasangan adalah berolahraga. Selain bisa saling menyehatkan satu sama lain, olahraga bersama pasangan juga bisa menjadi sumber motivasi untuk berolahraga. Buat Anda yang ingin mencoba olahraga bareng pasangan, kamu bisa mencoba yoga. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan kamu dan pasangan saat melakukan yoga bersamaan. Ingin tahu apa saja? Simak manfaaatnya berikut ini.

 

Manfaat-manfaat yoga bersama pasangan

1. Memperbaiki kualitas berhubungan

Yoga berpasangan mengharuskan Anda selaras dalam gerakan bersama pasangan. Rasa kepercayaan juga diuji saat melakukan yoga bersamaan, terutama saat melakukan gerakan yang mengharuskan mengangkat badan satu diantara Anda.selain berkomunikasi dan sentuhan yang intens saat melakukan gerakan yoga juga dapat meningkatkan kualitas hubungan seksual pasangan. Anda dan pasangan akan merasakan cara berkimunikasi dan variasi sentuhan yang berbeda yang mungkin saja belum pernah dirasakan sebelumnya sat berhubungan.

 

 

2. Mengurangi stres dan kecemasan

Tak dipungkiri lagi, stres dan kecemasan merupakan faktor yang bisa mempengaruhi keharmonisan pasangan saat berhubungan. Yoga menjadi sarana meditasi yang tepat untuk bisa membantu Anda dan pasangan mengurangi stres dan kecemasan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Sage Journal juga menyebutkan pasangan yang sering berpegangan tangan akan lebih jarang mengalami stres. Hal ini dikarenakan berpegangan tangan atau kontak fisik dengan pasangan dapat merangsang sensor saraf lebih kuat.

 

3. Meningkatkan kepuasan di dalam berhubungan

Kepuasan saat berhubungan bisa menjadi tolak ukur sebuah hubungan yang sehat dan harmonis. Faktor ini dapat terjadi jika Anda bisa tetap menjaga keintiman dan keromantisan di dalam sebuah hubungan.

Anda bisa menjaga keintiman ini dengan melakukan aktivitas yang baru secara bersama-sama, salah satunya adalah yoga. Saat melakukan yoga, Anda dan pasangan sama-sama melakukan sesuatu yang baru dan benar-benar memerhatikan satu sama lain agar gerakan yoga bisa dilakukan dengan baik. Teknik pernapasan dan pose-pose yoga juga bisa membantu Anda dan pasangan merasa bahagia satu sama lain.

Nah, setelah mengetahui manfaat-manfaat yoga bersama pasangan, berikut ini adalah gerakan-gerakan yoga yang bisa Anda lakukan berdua.

Lima Gerakan/pose yoga bersama pasangan yang dapat membuat hubungan semakin harmonis 

 

1. Pose meditasi  

Ini merupakan gerakan dasar dan merupakan pose awal sebelum melakukan gerakan yoga lainnya. Ambil posisi duduk bersila dan saling membelakangi satu sama lain. Letakkan kedua tangan di pangkuan, rasakan sentuhan yang terjadi di punggung dan pinggul.

Setelah posisinya benar, atur napas Anda bersama pasangan. Lakukan tarikan napas ini secara bersahutan sehingga benar-benar selaras. Lakukan pose ini sampai Anda berdua benar-benar rileks dan nyaman untuk melanjutkan ke gerakan selanjutnya.

 

2. Pose seated cat cow

 

Relaksasi dan menguatkan tulang punggung menjadi manfaat utama dari pose ini. Mulai dengan duduk sila saling berhadapan, pegang erat lengan pasangan tepat di area siku masing-masing. Secara perlahan lakukan gerakan saling tarik-menarik dan diiringi dengan napas panjang. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang dalam tempo yang nyaman untuk Anda berdua.

3. Pose back to back chair

Yoga untuk melatih rasa saling percaya? Pose inilah buktinya. Selain melatih kepercayaan, gerakan ini juga bermanfaat untuk memperkuat struktur tubuh Anda berdua. Pertama-tama berdirilah saling membelakangi. Maju satu atau dua langkah ke depan sampil tetap melakukan sentuhan di bagian punggung masing-masing.

Secara perlahan, turunkanlah badan sehingga membentuk pose orang sedang duduk di kursi. Gunakan sentuhan di punggung sebagai penopangnya. Tarik napas secara bersamaan sambil melakukan penekanan pada bagian punggung dengan kuat untuk kembali ke posisi awal.

4. Child pose

Pose relaksasi lainnya yang juga bermanfaat untuk melatih kelenturan adalah child pose. Area punggung dan leher menjadi area yang vital dalam latihan ini. Awali dengan duduk saling membelakangi. Atur posisi kedua kaki Anda lurus ke depan dan condongkan badan ke depan sampai tangan menyentuh lantai. Sementara itu, posisi pasangan berada di atas punggung Anda, lutut ditekuk, dan posisikan tangan senyaman mungkin. Lakukan gerakan ini secara bergantian dengan interval waktu yang cukup.

5. Dog pose

Atur posisi tubuh Anda seperti sedang push up. Jaga posisi tangan sedekat mungkin dengan tubuh lalu angkat tubuh dengan tangan sebagai tumpuan. Sementara itu, posisikan pasangan berada di atas punggung Anda. Posisi kaki pasangan rentang ke belakang dan menggunakan kaki Anda sebagai penopangnya. Setelah itu tangan pasangan Anda juga harus mengangkat badannya.

Pertahankan gerakan ini selama kurang lebih setengah menit sebelum kembali ke posisi awal. Gerakan ini sangat berguna untuk melatih stamina Anda dan pasangan. Selain itu, dog pose juga bagus untuk merangsang produksi hormon testoteron agar kualitas kehidupan seksual menjadi lebih panas dari sebelumnya.

Kelima gerakan yoga tersebut sangat mudah dilakukan meskipun Anda berdua masih tergolong baru dalam melakukan yoga. Dengan peralatan yang sederhana dan manfaat yang beragam, kenapa Anda tidak mulai mencobanya?