Pada dasarnya semua jenis olahraga sangat bermanfaat untuk tubuh agar tetap sehat. Bahkan, beberapa latihan tertentu juga bisa membuat kamu memiliki stamina yang lebih baik di atas ranjang. Selain daya tahan, latihan yang rutin sebanyak tiga kali dalam seminggu juga bisa membantu meningkatkan stamina dan fleksibilitas tubuh.

Lalu apa saja gerakan latihan olahraga yang bisa meningkatkan stamina? Setidaknya ada lima latihan yang bisa kamu lakukan dengan sederhana, tapi manfaatnya sangat besar. Berikut ini adalah kelima latihan tersebut.

1. Latihan kekuatan

Strength training menjadi salah satu cara yang sering disarankan para ahli untuk bisa meningkatkan stamina. Selain membentuk otot, latihan beban dapat memperlancar aliran darah tubuh.

Latihan kekuatan yang bisa dilakukan adalah push-up, sit-up, dan crunches. Gerakan yang melatih otot ini bisa meningkatkan stamina karena memperkuat otot bagian pundak, dada, dan perut. Tubuh bagian atas yang kuat dapat meningkatkan stamiaa karena otot-otot inilah yang bekerja saat melakukan hubungan.

Baca juga: 5 Cara Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pasangan

2. Yoga

Kehidupan di atas ranjang akan jauh dari kata membosankan saat berani melakukan eksperimen, termasuk dalam urusan posisi bercinta. Latihan yoga akan melatih kelenturan tubuh agar bisa mencoba posisi-posisi bercinta yang variatif dan tentu saja akan meningkatkan kebahagiaan bersama pasangan.

Selain itu, latihan yoga juga bisa melatih pernapasan agar kamu bisa tetap mengatur energi yang keluar saat berhubungan. Pose-pose yoga yang bisa dilakukan untuk meningkatkan urusan bercinta ini adalah pose yang melatih otot panggul seperti bow pose, peacock pose, dan shoulder stand.

3. Berenang

Selain lari, olahraga yang melibatkan hampir seluruh anggota tubuh adalah berenang. Saat berenang, otot-otot tubuh akan bekerja mencapai titik maksimalnya dan dapat meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan. Aktivitas di atas ranjang jelas membutuhkan stamina yang oke. Oleh karena itu, latihan renang yang rutin akan membuat kamu memiliki stamina yang lebih dari cukup untuk berhubungan dengan durasi yang maksimal.

Baca juga: Intip 6 Cara Mempertahankan Hubungan dengan Pasangan

4. Jalan cepat

Latihan aerobik dapat mengurangi risiko terkena disfungsi ereksi sampai 30%. Lebih spesifiknya lagi, latihan aerobik yang bisa membakar 200 kalori per harinya dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit ini. Salah satu jenis latihan aeroik yang bisa dilakukan adalah jalan cepat. Mudah dilakukan kan?

Jalan cepat dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah sekaligus menjaganya agar pembuluh darah tetap bersih. Pembuluh darah yang tak tersumbat dapat membuat ereksi menjadi lebih lama.

Baca juga: Ini 5 Menu Sehat untuk Diet yang Tepat

5. Kegel

Terakhir adalah senam kegel. Jangan kira senam ini hanya cocok dilakukan oleh wanita. Melakukan latihan kegel juga bisa dilakukan pria untuk meningkatkan daya tahan dan mengontrol otot pubococcygeus (PC) yang berfungsi untuk menahan aliran urin saat buang air. Latihan ini berfokus pada kekuatan otot-otot di dasar panggul tubuh.

Cobalah untuk melakukan kelima latihan tersebut secara rutin untuk meningkatkan daya tahan, fleksibilitas, dan teknik saat berhubungan bersama pasangan. Selain itu, latihan-latihan tersebut juga bermanfaat positif terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.