Memiliki sistem imunitas yang bekerja dengan sempurna akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar sepanjang hari. Namun, seiring dengan bertambahnya umur, sistem imunitas tubuh akan menurun secara natural. Tubuh pun akan semakin mudah terkena penyakit atau infeksi yang disebabkan faktor kelelahan atau udara yang kotor.

Baca juga: Jenis Makanan untuk Penambah Stamina Pria

Menurunnya sistem kekebalan tubuh karena faktor usia bukan berarti Anda harus menyerah begitu saja. Ada begitu banyak cara yang mudah dilakukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang mulai menurun pada usia yang tak lagi muda. Simak cara-cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mudah di bawah ini.

1. Olahraga teratur

Olahraga secara teratur menjadi salah satu faktor penting gaya hidup yang sehat. Latihan dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, membantu menjaga berat badan, dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Sebuah penelitian yang dilakukan Pennsylvania State Univeristy menyebutkan kelompok sampel yang rutin melakukan latihan aerobik mendapatkan peningkatan sel antibodi di dalam darah yang disebut dengan immunoglobulins. Sel ini dapat secara signifikan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mulai latihan aerobik dengan lari di atas treadmill selama 30 menit setiap harinya. Jika telah terbiasa, Anda bisa meningkatkan durasinya dalam interval 5 sampai 10 menit.

Anda juga bisa melakukan olahraga-olahraga lainnya di sini untuk menjaga kebugaran tubuh sampai tua nanti.

2. Konsumsi banyak buah dan sayur

Lupakan sudah junk food dengan segala macam lemak dan minyak yang kotor itu. Sekarang waktunya perbanyak mengonsumsi buah dan sayur segar. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah dan sayur terbukti dapat menyediakan nutrisi yang penting untuk kebutuhan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap kelompok orang-orang berusia 30-an menunjukkan bahwa asupan buah dan sayur dapat meningkatkan respon antibodi tubuh secara signifikan.

Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang kaya dan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C ini juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berguna untuk membantu melawan infeksi. Untuk sayurnya, Anda bisa memilih sayur bayam. Sayur ini tak hanya kaya akan vitamin C, tapi juga memiliki banyak antioksidan dan beta karoten yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Tambah Stamina Pria

3. Kurangi asupan alkohol dan berhenti merokok

Melakukan gaya hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh artinya Anda juga harus mengurangi kebiasaan meminum alkohol dan menghentikan kebiasaan merokok. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Science Daily menyebutkan meminum empat gelas kecil vodka dapat mengurangi kadar sel darah putih secara signifikan. Tubuh kamu tidak akan cukup kuat untuk melawan infeksi virus yang mengancam.

Sementara, para perokok akan lebih rentan terhadap penyakit karena nikotin yang terdapat di dalam rokok dapat dengan mudah mencegah kemampuan sel darah putih untuk membunuh patogen-patogen berbahaya.

4. Tidur yang cukup dan berkualitas

Mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas sangatlah penting untuk mendukung sistem imunitas tubuh dapat bekerja lebih baik. Orang-orang dengan jam tidur yang kuran cenderung lebih rentan terkena penyakit seperti flu atau demam karena tubuh mereka tidak bisa bekerja secara efektif untuk menangkal bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh melalui udara ataupun makanan. Kurang tidur dan stres yang berlebihan juga dapat meningkatkan produksi hormon kortisol secara berkepanjangan yang dapat menekan fungsi kekebalan tubuh.

5. Jalan-jalan pagi

Selain menggerakkan tubuh secara ringan dan mendapatkan udara yang segar, berjalan-jalan di pagi hari juga bisa membuat Anda mendapatkan asupan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Lho kok bisa? Iya, sinar matahari pagi kaya akan vitamin D dan Anda bisa mendapatkannya tanpa harus meminum suplemen tambahan.

Baca juga: 7 Jenis Workout Singkat untuk Otot yang Lebih Padat

Vitamin D berperan besar untuk merangsang perkembangan sel yang mencegah respon autoimun yang bisa terlihat dalam kondisi radang sendi. Asupan vitamin D juga bisa membuat tubuh lebih kebal terhadap serangan flu dan demam.

Untuk melengkapi cara-cara di atas, Anda juga bisa menambahkan konsumsi suplemen kesehatan yang telah teruji secara klinis, salah satunya adalah Bee Ultra. Dengan Bee Ultra, tubuh pun akan lebih terasa lebih bugar dan siap beraktivitas sepanjang hari tanpa merasa mudah lelah, termasuk dalam urusan di atas ranjang.