Apa yang kita makan akan sangat berpengaruh kepada kesehatan kita. Apa kamu sudah tahu jenis makanan apa saja yang malah bukannya membuat kita sehat, tapi justru jadi ancaman untuk kesehatan?

Selama ini apa kamu selalu mempertimbangkan setiap makanan yang kamu konsumsi setiap harinya? Kalau jawaban dari pertanyaan ini masih belum, berarti kamu sudah harus mempertimbangkannya saat ini.

Baca juga: 5 Manfaat Ginseng Korea Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Makanan yang kita makan memberi tubuh kita bahan yang mereka butuhkan agar berfungsi dengan baik. Jika tidak mendapatkan asupan bahan yang baik, proses metabolisme akan terganggu dan akhirnya kesehatan kamu akan menurun.

Menurut UNICEF kebiasaan gizi yang buruk dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti melemahnya sistem kekebalan tubuh, menderita penyakit parah, dan menghambat pemulihan.

Singkatnya, sebelum berbagai gangguan kesehatan menyerang kamu dan orang-orang tercinta di sekitar, yuk cari tahu jenis makanan apa saja yang bukannya membuat kita sehat, tapi justru jadi ancaman untuk kesehatan.

Makanan Penyebab Diabetes

Apa kamu termasuk orang yang suka jenis makanan manis? Ketika kita mengonsumsi gula dan karbohidrat sederhana dalam jumlah yang banyak semisal permen, jus buah, roti putih, hingga soda, risiko kamu bisa terkena Diabetes Tipe 2.

Oh, tidak ketinggalan bila kegemaran kamu selama ini menyantap junk food (yang lebih sedikit memiliki kadar gula putih murni dan tanpa nutrisi) menyebabkan memaksa tubuh memompa lebih banyak insulin. Kondisi ini akan menyebabkan metabolisme tubuh kamu stres hingga akhirnya rentan terhadap serangan penyakit.

Makanan Perusak Kontrol Nafsu Makan

Tak perlu diragukan lagi, bila konsumsi makanan yang kamu makan tidak bisa dikontrol, bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Hingga akhirnya, ini bisa berubah menjadi obesitas. Tapi, kalau kita kamu mulai menarik mundur, apa salah saja jenis makanan yang bisa membuat kamu tidak bisa mengontrol nafsu makan apa kamu sudah tahu?

Jawabannya adalah makan gorengan dan makanan olahan. Coba ingat-ingat, setelah makan gorengan atau makanan olahan berapa sering kamu akan langsung merasa semakin lapar setelahnya?

Kondisi ini disebabkan oleh lemak trans yang terkandung di dalam makanan gorengan dan makanan olahan. Lemak trans ini menjadi perusak kemampuan kamu untuk mengontrol nafsu makan.

Risiko Makanan Cepat Saji

Oh, sulit memang menghindar dari godaan makanan cepat saji. Tapi, setelah kamu tahu berbagai dampak negatifnya, bisa jadi kamu akan langsung bisa menolaknya.

Makanan cepat saji memengaruhi tubuhmu dengan cara negatif di antaranya merusak sistem kardiovaskular. Kondisi ini terajdi ketika karbohidrat berlebih yang kamu makan berubah menjadi gula dalam aliran darah. Saat kadar gula meningkat, kondisi ini akan menjadi perkembangan awal diabetes. Selain itu, makanan cepat saji juga mengandung natrium berlebih yang membuat kesehatanmu berisiko terkena penyakit ginjal, gagal jantung, dan akhirnya tekanan darah tinggi.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Tetap Bisa Dilakukan Saat Liburan

Makanan Pengganggu Kesehatan Gigi dan Mulut

Apa kamu tahu apa yang menyebabkan gigi terlihat berwarna kuning atau cokelat? Efek ini disebabkan bila kamu banyak mengonsumsi makanan dan minuman berwarna gelap. Selain itu, kebiasaan buruk karena sering mengonsumsi makanan tinggi gula juga bisa berdampak perkembangan plak dan sakit gusi pada gigimu.

Jadi, sebaiknya kurangi makan makanan manis dan minuman ringan bergula untuk mempertahankan kesehatan gigi dan mulut ya.

Makanan yang Menurunkan Hasrat Seksual

Bila diurutkan, hasrat seksual dikendalikan oleh libido (dorongan seksual), dan libido ditentukan oleh sejumlah faktor di antaranya sosiologis, psikologis, dan hormonal.

Nah, makanan mengambil peran penting untuk mengatur hormon-hormon penting dalam tubuh. Menurut The Cleveland Clinic, menjaga berat badan adalah salah satu cara membuat kehidupan bersama pasangan tetap sehat.

Selain itu, lemak trans yang terkandung di dalam makanan cepat saji juga bisa mengurangi libido. Konsumsi alkohol berlebih juga akan menyebabkan penurunan kemampuan pria untuk ereksi. Oh, ada satu lagi yaitu kopi. Bisa jadi selama ini kamu tahu bahwa kopi dapat meningkatkan stamina untuk bercinta. Tapi, konsumsi kopi yang berlebih malah dapat meningkatkan kecemasan yang akhirnya menurunkan gairah kamu.

Baca juga: 7 Makanan Aphrodisiac Untuk Meningkatkan Hasrat

Merangkum semuanya, makanan mempengaruhi kesehatan kita dalam berbagai cara seperti risiko-risiko berbagai gangguan kesehatan yang dijelaskan di atas. Jadi, kamu harus mulai proaktif untuk memilih dan menyiapkan makanan untuk orang-orang tercinta.