Seiring bertambahnya usia, kondisi fisik kita tentu tidak sebaik sebelumnya. Massa tubuh semakin meningkat, metabolisme melambat, kepadatan tulang berkurang, dan fleksibilitas tubuh kian menurun. Pertambahan usia bukan berarti harus berhenti mengurangi kegiatan fisik. Malah, dibutuhkan sejumlah jenis olahraga dan latihan konsisten untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal.

Baca juga: 7 Nutrisi Penting dalam Membentuk Otot

Yuk, simak daftar jenis olahraga yang akan membuatmu bugar hingga usia 30 tahun ke atas.

Jenis olahraga 1: Yoga

Jika sejak muda hingga usia sekarang kamu masih tetap bekerja kantoran, yang hampir seluruh waktunya duduk di depan komputer, yoga adalah olahraga yang punya sejuta manfaat. Hal ini dikarenakan jenis olahraga yoga menekankan pada fleksibilitas tubuh dan relaksasi sehingga dapat membantu meregangkan otot-otot tubuh yang kaku setelah seharian bekerja.

Berlatih yoga juga mampu memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, sekaligus meningkatkan gairah seksual.

Selain itu, yoga juga menerapkan praktik mindfulness, yaitu sikap fokus pada keadaan tubuh saat ini. Mindfulness mampu memberikan manfaat pada aspek psikologis orang yang menjalaninya, di antaranya adalah meredakan stres dan kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan memperbaiki mood.

Jangan bilang kamu tidak punya waktu ya. Yoga sangat praktis dan dapat dilakukan di rumah. Luangkan waktu beberapa puluh menit sehari untuk melakukan yoga di rumah.

Jenis olahraga 2: HIST

Hist merupakan singkatan dari “High Intensity Strength Training”. Sesuai namanya, tipe olahraga ini cocok untuk mereka yang tidak memiliki banyak waktu. HIST dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, yaitu 30 menit dengan delapan hingga sepuluh kali pengulangan. Gerakan yang dilakukan di antaranya squat jump atau butt kicks, push up, planking, dan mengangkat beban.

Olahraga HIST ini tergolong sulit dan menantang, sebab tubuhmu akan dipaksa untuk mencapai batas kekuatannya. Untuk beberapa orang, mungkin akan butuh waktu lebih lama untuk beradaptasi dengan ritme latihan HIST ini. Tetapi, apabila dilakukan dengan rutin, dapat membantu membentuk otot tubuh dengan efektif dalam waktu singkat. kamu juga dapat memilih sendiri olahraga yang ingin dilakukan untuk bagian-bagian tubuhmu.

Jenis olahraga 3: Berenang

Pilihan ketiga ini cocok untuk kamu yang tidak mau melakukan olahraga terlalu berat. Tapi kamu harus bisa menjaga konsistensi latihan. Pertama, berenang tentunya dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan pernapasan, yang tentunya dapat memperbaiki kualitas kerja jantung. Kedua, tidak hanya bermanfaat untuk organ dalam tubuh, berenang juga memacu kerja otot lengan dan betis. Apabila dilakukan secara rutin, berenang dapat meningkatkan massa otot lengan dan betismu. Menarik sekali, bukan?

Ketiga, saat berenang, daya apung air mendukung tubuh dan menghilangkan ketegangan sendi yang sakit. Lalu, berenang juga dapat meningkatkan kondisi mental dan membuat suasana hati yang lebih baik.

Jenis olahraga 4: Berjalan Kaki

Sederhana sekali bukan? Namun, manfaat dari melakukan olahraga ini sangatlah banyak. Kamu cuma perlu modal sepatu olahraga yang bisa membuatmu nyaman berjalan kaki. Sebagai awal, mulailah dengan berjalan kaki sekitar 10 hingga 15 menit setiap hari. Seiring waktu, tambahkan jaraknya dan kecepatan kamu berjalan. Hingga kamu bisa berjalan selama 30 hingga 60 menit setiap hari rutin dalam seminggu.

Jalan kaki dapat membantu mempertahankan berat badan ideal, memperbaiki kadar kolesterol, menguatkan tulang, menjaga tekanan darah tetap terkendali, mengangkat mood dan yang terpenting menurunkan risiko untuk sejumlah penyakit (misalnya diabetes dan penyakit jantung yang biasanya diderita oleh lansia. Manfaat paling juara untuk kamu yang telah menginjak usia 30-an adalah jalan kaki dapat meningkatkan daya ingat dan melawan hilangnya daya ingat terkait usia.

Jenis olahraga 5: Pilates

Seperti halnya yoga, fokus latihan pilates juga pada kelenturan dan fleksibilitas bagian tubuh. Pilates terbukti dapat memperbaiki postur tubuh, mengurangi nyeri otot dan sendiri, dan memperbaiki sirkulasi darah. Kamu juga bisa sekaligus membakar lebih banyak kalori saat berlatih pilates. Latihan ini menggunakan berbagai alat bantu yang akan memaksimalkan kerja otot selama latihan.

Baca juga: 7 Makanan Aphrodisiac Untuk Meningkatkan Hasrat

Ingat ya, apa pun olahraga yang kamu lakukan, tentunya harus diimbangi dengan konsistensi dan kesungguhan. Serta jaga asupan makanan dan menjalani gaya hidup sehat. Nah, bagaimana? Sudah siap untuk berolahraga? Ajak pasanganmu untuk berlatih bersama agar semakin semangat menjalani latihan.