Tidur malam yang berkualitas sama pentingnya dengan melakukan olahraga secara rutin dan menjalankan diet sehat. Banyak penelitian yang menyebutkan tidur yang kurang dan tidak berkualitas dapat menyebabkan efek negatif terhadap hormon, stamina, sampai menurunkan fungsi otak. Selain itu, tidur yang kurang juga dapat menyebabkan naiknya berat badan dan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Baca juga: 5 Manfaat Ginseng Korea Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Sementara itu, tidur yang cukup dan berkualitas dapat berefek positif terhadap kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itulah Anda harus tetap mendapatkan waktu yang tidur yang cukup dan berkualitas. Bagaimana mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas? Simak caranya berikut ini.

1. Jaga siklus tidur secara teratur

Sisihkan waktu setidaknya lebih dari delapan jam untuk tidur. Umumnya, durasi tidur yang disarankan bagi orang dewasa adalah setidaknya tujuh jam. Cobalah untuk tidur dan bangun pada jadwal jam yang sama setiap harinya. Lakukan secara konsisten, tubuh Anda pun secara natural akan mengatur pola ini sebagai siklus tidur tubuh.

Hal yang perlu dipahami adalah tidak yang namanya “tidur balas dendam.” Tidur lebih dari delapan jam pada akhir pekan sebagai aksi balas dendam harus bangun pagi saat hari kerja. Hal ini akan menyebakan gejala jetlag pada tubuh.

2. Perhatikan makanan yang dikonsumsi dan jangan makan menjelang tidur

Kondisi perut yang kelaparan memang akan membuat kesulitan tidur, tapi jangan makan menjelang waktu tidur. Rasa kenyang yang berlebih dapat membuat tubuh merasa tidak nyaman karena masih harus memproses makanan tersebut di dalam tubuh.

Hindari mengonsumsi alkohol, nikotin, dan kafein untuk mendapatkan tidur yang lelap. Efek stimulasi pada nikotin dan kafein membutuhkan waktu berjam-jam untuk hilang dan bisa menyebabkan Anda kesulitan untuk memejamkan mata. Alkohol memang bisa membuat tertidur, tapi efek bangun tidurnya akan membuat kepala pusing dan tidak nyaman.

3. Perhatikan paparan cahaya sepanjang hari

Tubuh Anda memiliki siklus jaga natural yang dikenal dengan sebutan circadian rhythm. Siklus ini berpengaruh terhadap otak, tubuh, dan hormon. Selain itu, circadian rhythm juga akan memberikan sinyal kapan tubuh harus tetap terjaga dan kapan waktunya untuk tidur. Terpapar cahaya natural atau matahari yang cukup saat siang hari dapat menjaga siklus ini tetap sehat. Ia juga membantu untuk meningkatkan energi di siang hari dan menghadirkan waktu tidur yang berkualitas dan durasi yang cukup.

Untuk menjaga siklus ini tetap sehat, Anda harus mendapatkan cahaya natural yang cukup. Usahakan buat ruang kerja mendapatkan sinar matahari yang cukup. Hindari cahaya dari perangkat gawai satu atau dua jam menjelang tidur. Kalau perlu Anda bisa menggunakan terapi light box untuk mendapatkan cahaya tambahan yang membuat mata lebih rileks.

4. Buat kamar senyaman mungkin

Kondisi kamar yang lembap dan berantakan tentunya akan semakin membuat kualitas tidur yang memburuk. Tidur adalah waktunya tubuh beristirahat dengan maksimal untuk memulihkan kinerja organ-organ di dalamnya. Hal ini tidak bisa didapatkan secara maksimaal saat kondisi kamar lembap, sumpek, dan penuh dengan barang.

Baca juga: 7 Jenis Workout Singkat untuk Otot yang Lebih Padat

Cobalah atur kamar senyaman mungkin. Ganti seprai secara berkala. Usahakan pilih tempat tidur dengan ukuran yang nyaman sesuai dengan postur tubuh. Atur suhu ruangan agar tetap sejuk selama waktu tidur.

5. Olahraga rutin pada pagi/siang hari

Orang-orang yang secara rutin berolahraga akan mendapatkan tidur yang berkualitas saat malam dan jarang mengantuk saat siang hari. Olahraga secara rutin juga dapat mengurangi gejala insomnia.

Olahraga dapat meningkatkan kinerja metabolisme, mengatur suhu tubuh, dan menstimulasi hormon kortisol. Namun, jangan berolahraga terlalu berat saat menjelang tidur. Cobalah gerakan-gerakan relaksasi seperti yoga atau peregangan ringan saat menjelang tidur untuk membuat tubuh dan pikiran lebih santai.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga agar Tubuh Tetap Bugar hingga Tua

Untuk membantu Anda menjaga stamina agar tetap stabil saat berolahraga atau menjalani aktivitas sehari-hari, asupan suplemen juga penting. Bee Ultra dengan segala macam bahan alami yang terkandung di dalamnya dapat membuat tubuh lebih bugar sepanjang hari dengan memilihara stamina tubuh.