Metabolisme merupakan segala reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh agar tubuh dapat berfungsi dengan normal. Semakin tinggi tingkat metabolisme, maka semakin banyak kalori yang dibakar dan berat badan akan terjaga. Metabolisme yang tinggi juga berarti tubuh semakin berenergi.

Pria umumnya memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi dibanding wanita. Namun seiring bertambahnya usia, tingkat metabolisme mengalami penurunan. Untuk meningkatkan metabolisme tubuh, beberapa cara berikut bisa dicoba.

Konsumsi Lebih Banyak Protein

Tubuh membakar lebih banyak kalori saat mencerna protein. Selain itu, tubuh butuh waktu lebih lama untuk mencerna protein sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama. Kurangi porsi karbohidrat dan ganti dengan makanan tinggi protein. Usahakan juga untuk makan secara teratur dan tepat waktu serta dalam porsi yang tidak terlalu banyak. Konsumsi makanan dalam porsi kecil sekitar 3-4 jam sekali.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Yang Mudah Membuat Kamu Terserang Penyakit

Penuhi Asupan Air

Cara mudah dan murah ini juga bisa meningkatkan metabolisme. Tubuh membutuhkan asupan air untuk membakar kalori. Minum air minimal 8 gelas sehari karena metabolisme akan melambat saat tubuh mengalami dehidrasi. Biasakan juga minum sedikit air sebelum makan agar tidak terdorong untuk makan berlebih.

Minum Kopi dan Teh Hijau

Selain air putih, minuman berkafein seperti kopi juga meningkatkan metabolisme. Kopi juga bisa meningkatkan level energi ketika berolahraga dan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori. Tapi batasi tambahan pemanis seperti gula atau krimer untuk menjaga berat badan. Bagi para penggemar teh, minum teh hijau bisa jadi pilihan. Teh hijau mengandung kalori yang rendah dan membantu meningkatkan proses pembakaran lemak tubuh.

Aktif Berolahraga

Tingkatkan metabolisme tubuh dengan jenis olahraga yang melatih kekuatan tubuh dan olahraga dengan intensitas tinggi. Kedua jenis olahraga ini mendorong tubuh bekerja lebih keras untuk membakar lemak. Latihan beban dan gerakan olahraga yang dinamis seperti jalan cepat, berlari, dan melompat bisa dilakukan.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga Agar Tubuh Tetap Bugar Hingga Tua

Jaga Kadar Testosteron

Testosteron membantu tubuh membakar lemak lebih efisien. Menurunnya kadar testosteron dapat meningkatkan lemak tubuh. Maka itu, jalani pola hidup sehat dan konsumsi BEE Ultra secara rutin untuk menjaga kadar testosteron. Berfungsi sebagai pengatur hormon testosteron alami, BEE Ultra juga menambah energi tubuh untuk mendukung aktivitas harianmu.