Berolahraga atau workout sangatlah penting untuk menjaga stamina. Namun, bagaimana bila kamu tidak memiliki waktu karena kesibukan yang padat? Tenang, ada beberapa jenis workout yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh lebih sehat.

Baca juga: 7 Nutrisi Penting dalam Membentuk Otot

Apa saja latihan yang mudah dan bisa dilakukan untuk menjaga stamina tubuh? Untuk lebih jelasnya, berikut 7 workout singkat yang bisa dilakukan dengan kesibukan yang padat.

1. Menekuk lutut atau lunges

Jenis workout pertama yang bisa kamu lakukan adalah menekuk lutut atau lunges. Latihan ini mengandalkan berat badan sebagai bebannya. Caranya melangkah ke depan dan tekuk lutut belakang kamu hingga menyentuh lantai. Lakukan secara bergantian antara lutut kanan dan kiri.

Latihan menekuk lutut ini akan membantu untuk meningkatkan kekuatan serta kelenturan tubuh bagian bawah. Tidak hanya itu saja, gerakan menekuk lutut ini juga bisa menjadi workout mengecilkan paha.

Selain itu, lunges juga bisa dilakukan di mana saja, seperti saat menunggu bis, di sela-sela meeting, atau pun di dalam cubicle. Kamu hanya butuh beberapa menit saja untuk melakukannya. Bahkan mungkin hanya 30 detik setiap ada waktu untuk latihan.

2. Squats

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, jenis workout squats jadi latihan yang tepat. Workout ini juga mengandalkan berat badan tubuh sebagai bebannya. Jadi, kamu tidak perlu peralatan lain sebagai alat bantunya.

Untuk melakukan squats yang benar adalah dengan melebarkan kaki ke samping dan tangan berada lurus di depan. Kemudian tekuk lutut hingga posisi badan seolah jongkok. Ulangi metode ini hingga beberapa kali. Kurang lebih 15 hingga 20 kali.

Sama seperti lunges, squats juga bisa dilakukan di mana saja. Untuk latihan yang ini sepertinya lebih ideal dilakukan di kala istirahat jam makan siang. Lakukan beberapa kali sebelum menyantap menu makan siangmu.

3. Plank

Plank adalah jenis workout yang simpel tapi memiliki banyak efek dalam kesehatanmu. Latihan ini mungkin terlihat mudah, tapi percayalah plank sulit dilakukan. Apalagi sebenarnya workout ini tidak membutuhkan waktu yang lama dalam prakteknya.

Dengan plank, kamu bisa melatih seluruh bagian tubuh. Mulai dari otot lengan hingga otot perut karena memang latihan ini benar-benar mengandalkan berat badan tubuh. Psst, latihan ini juga merupakan workout yang bagus untuk mengecilkan perut, lho.

Saat melakukannya, kamu harus memperhatikan satu hal, yaitu kesejajaran tubuh. Artinya, ketika melakukan plank, tubuh harus lurus tanpa ada bagian yang menekuk. Kamu cukup melakukannya selama 30 detik sehari untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Tetap Bisa Dilakukan Saat Liburan

4. Memutarkan lengan

Memutarkan lengan mungkin menjadi latihan yang sangat mudah untuk dilakukan. Karena kamu cukup memutarkan kedua tangan ke arah belakang atau sebaliknya. Jenis workout ini akan mengurangi lemak pada tangan sehingga membuat lengan lebih sedap dipandang.

Kamu bisa melakukan workout memutarkan lengan di mana saja, baik di tempat umum atau di dalam cubicle-mu. Latihan ini hanya butuh waktu sekitar 30 detik sampai semenit saja setiap harinya untuk menjaga stamina tubuh.

5. Chair dips

Jika waktumu cukup panjang untuk melakukan workout, gunakan kursi di sekitarmu dan praktikan chair dips. Apa itu chair dips? Sebuah latihan untuk melatih otot trisep dengan sangat efektif. Selain trisep, workout ini juga berguna untuk melatih otot perut dan kaki.

Cara melakukan chair dips yang benar adalah duduk di kursi yang stabil atau kursinya tidak mudah bergeser. Kemudian taruh tangan pada bagian armrest kursi. Lalu angkat badan dan turunkan.

Bila kursi yang kamu temui tidak memiliki armrest, taruh tangan di tepi kursi. Setelah itu, angkat badan ke arah depan dan turunkan hingga siku membentuk sudut 90 derajat. Ulangi gerakan tersebut hingga 30 detik sampai semenit.

6. Calf raises

Calf raises atau menaikan betis adalah latihan yang cukup ampuh untuk membuat badan bagian bawah terlihat menarik. Kamu cuma membutuhkan anak tangga atau balok sebagai pijakan, untuk melakukan latihan ini.

Cara untuk melakukan latihan calf raises yang baik adalah berdiri dengan tegak pada anak tangga atau balok yang ada. Berdirilah dengan tumit berada di luar area anak tangga atau pijakan. Setelah itu, angkat badan ke atas hingga kaki berjinjit, lalu turunkan ke posisi semula.

Kemudian tahan selama dua detik dan ulangi gerakan tadi. Lakukan ini selama 30 detik atau setengah jam setiap harinya. Sekadar catatan, lakukan latihan ini di ruangan yang cukup aman. Karena ada kemungkinan kamu akan kehilangan keseimbangan.

7. Berjalan kaki

Jenis workout yang berikutnya adalah berjalan kaki. Ya, lakukan segala aktivitasmu dengan berjalan kaki. Bila tengah dalam perbincangan bisnis melalui aplikasi messenger, telepon saja orang tersebut, supaya kamu bisa bangun dan berjalan kaki saat menelpon.

Baca juga: 5 Manfaat Ginseng Korea Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Dengan berjalan kaki, kamu dapat menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, melancarkan saluran pencernaan, hingga mengurangi resiko oesteoporosis. Well, jalan kaki memang simpel dilakukan, namun siapa sangka banyak manfaatnya.

Nah, itu tadi 7 workout singkat yang bisa dilakukan meski kamu punya kesibukan yang padat. Bila kamu memiliki waktu yang lebih luang, gabungkan semua latihan di atas untuk hasil yang lebih maksimal. Namun, bila memang waktunya sangat terbatas, cukup gunakan salah satu metode workout saja.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi Bee Ultra sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan kandunganRoyal Jelly Plus dan Bee Pollen alami, Bee Ultra sangat bermanfaat untuk menjaga stamina.

Jadi, sudah siap untuk workout?