Sebagian orang tidak menyadari mengalami dehidrasi dan terkadang menyepelekannya. Padahal dehidrasi bisa memicu berbagai gangguan pada tubuh seperti sakit kepala, rasa lelah, masalah kulit, kram otot, hingga tekanan darah rendah.

Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik dengan minum air putih dan konsumsi beberapa makanan yang mengandung kadar air yang tinggi berikut:

Semangka

Buah satu ini punya kandungan air yang sangat tinggi dan pastinya sangat menyegarkan kalau dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Semangka juga mengandung antioksidan, yaitu likopen yang membantu mencegah gangguan pada jantung dan memperkuat tulang. Memiliki kalori yang rendah, semangka cocok dijadikan snack atau salad buah.

Air Kelapa

Selain menghidrasi tubuh, air kelapa juga megandung elektrolit salah satunya potasium. Dikutip dari laman Healthline, potasium membantu menjaga beberapa fungsi tubuh seperti sistem pencernaan dan tekanan darah. Air kelapa bisa diminum setelah berolahraga untuk membantu mengganti cairan tubuh yang hilang.

Baca Juga: Diet Low Carb atau Diet Karbo Untuk Pria

Mentimun

Terdiri dari 95% air, mentimun juga mengandung vitamin K, potasium, dan magnesium. Mentimun paling enak dikonsumsi sebagai lalapan atau acar. Bagi yang kurang suka dengan mentimun, bisa menambahkan beberapa potong mentimun di nasi goreng atau roti lapis.

Tomat

Sumber antioksidan berupa likopen yang lain adalah tomat. Makanan ini juga pas dikonsumsi mereka yang mengalami masalah sembelit karena tomat mengandung serat, selain vitamin A dan vitamin C. Tomat bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti jus tomat, dimasak dalam sup, ataupun salad.

Jeruk

Kaya air, jeruk juga mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan imun tubuh. Manfaat lain, jeruk juga memiliki kandungan flavonoid, antioksidan yang membantu meredakan peradangan. Jeruk tepat dijadikan sebagai snack karena kandungan air dan seratnya membuat tubuh kenyang lebih lama.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Bayam

Sup bayam bisa mencegah dehidrasi berkat kandungan air yang mencapai lebih dari 90%.  Memiliki kalori yang rendah dan bernutrisi, bayam merupakan sumber magnesium dan mengandung zat besi serta folat.

Apel

Buah yang populer ini mengandung serat, dan antioksidan seperti kuersetin dan catechin. Selain menyehatkan, apel mengandung kadar air yang tinggi. Untuk mengonsumsi apel, tinggal pilih jenis apel sesuai dengan selera.

Setelah mengetahui beragam jenis makanan yang kaya air di atas, pastikan tubuh kamu terhidrasi dengan baik ya. Upayakan konsumsi beragam makanan tersebut terutama saat sedang berpuasa, berolahraga, atau sehabis berkegiatan yang menyebabkan tubuh berkeringat.