Siapa sih yang tak mau punya hubungan harmonis? Setiap menjalin hubungan dengan seseorang, pastinya kita mau hubungan itu bisa bertahan lama. Tapi, buat mewujudkannya memang tak semudah itu. Apalagi kalau hubunganmu sudah masuk dalam tahap pernikahan. Hidup bersama dengan “orang lain” dalam satu atap selama bertahun-tahun, pastinya butuh kerja keras serta tips menjaga hubungan dari kedua belah pihak buat mewujudkan hubungan yang langgeng dan bahagia bersama.

Baca juga: Manfaat Meditasi Buat Meningkatkan Kualitas Bercinta

The good news is, meski harus melakukan segala usaha, bukan hal yang mustahil kok buat ciptakan hubungan yang selalu bahagia dengan pasanganmu. Gimana caranya? Contek beberapa hal yang bisa kamu lakukan berikut ini!

1. Ciptakan komunikasi yang baik

Kamu pasti setuju kalau salah satu kunci utama menciptakan hubungan yang harmonis adalah melalui komunikasi yang baik antar pasangan. Dari komunikasi yang baik pula, rasanya bukan hal yang sulit buat bisa memahami isi hati pasangan kita. Begitupun denganmu, coba utarakan semua yang kamu rasakan, supaya menghindari kesalahpahaman yang bisa berujung pada pertengkaran. Pastinya, tak mau kan hal ini terjadi?

Jadi mulai sekarang, hal sekecil apapun yang kamu resahkan, selalu komunikasikan dengan si dia. Dari sisimu, berusahalah untuk jadi pendengar yang baik pula saat pasangan juga mengutarakan isi hatinya.

2. Selalu hargai usahanya

Apapun yang dilakukan pasanganmu, mau hal sepele sekalipun, jangan pernah lupa untuk menyampaikan apresiasimu sebagai bentuk penghargaan atas usaha yang ia lakukan. Ini bisa menjadi tips menjaga hubungan yang baik. Mulai dari sajian kopi hangat di pagi hari sampai kenaikan jabatan di kantor, ucapan “terima kasih” dan “selamat” darimu bisa jadi hal penting yang sangat baik buat ciptakan hubungan yang selalu harmonis dengan pasangan. Dengan begini, kamu pun bisa menciptakan suasana yang selalu positif dalam hubungan kalian, sekaligus jadi motivasi untuk melakukan hal-hal yang terbaik buat pasangan.

3. Membuat jadwal kencan rutin

Buat pasangan yang sudah menikah dan memiliki anak, punya kualitas waktu berdua memang rasanya sulit diwujudkan. Sama halnya buat kamu yang sibuk dengan pekerjaan, sesampainya di rumah, kasur dan kamar mandi adalah dua hal yang paling dicari buat merelaksasi tubuh yang sudah lelah seharian beraktivitas. Tapi, bukan berarti kamu juga jadi tak peduli lagi dengan kualitas hubungan dengan pasangan lho.

Baca juga: Hal Yang Harus Diketahui Pria Tentang Bercinta

Menjadwalkan waktu kencan dimana kamu bisa ngobrol bebas, bersantai, dan lupa sejenak dari rutinitas keseharian itu perlu buat terus menciptakan chemistry dalam hubungan kalian. Pergi ke restoran buat menikmati makan malam tanpa harus memikirkan beberes piring setelahnya, atau sekadar menikmati live concert band favorit berdua? Sudah pasti bikin hubungan kamu dan si dia semakin intim!

4. Selalu hadirkan tawa

Menjalani hubungan dengan pasangan bukan melulu harus diisi dengan hal-hal yang serius saja. Bahkan, terlalu fokus pada hal-hal bisa saja berimbas pada hubungan yang rentan akan keretakan. Jadi, jangan pernah ragu untuk menghiasi hubungan kamu dan si dia dengan candaan ringan dan tingkah lucu buat ciptakan hubungan yang selalu bahagia dan harmonis. Trust us, terkadang silly things, selama kamu bisa menempatkannya pada situasi yang tepat, justru bisa jadi hal yang kamu andalkan buat jadi tips menjaga hubungan juga lho.

5. Pergi berlibur

Meluangkan waktu berlibur berdua sama pentingnya dengan menjadwalkan waktu kencan. Bedanya, kalau waktu kencan rasanya lebih gampang untuk dijadwalkan, merencanakan perjalanan berdua memang butuh waktu yang lebih matang buat dipersiapkan. Apalagi kalau kamu harus meninggalkan tumpukan kerjaan, anak, dan segala urusan rumah tangga lainnya di rumah dalam waktu yang cukup lama. Tapi, ini bisa jadi cara yang tepat buat menciptakan momen berkualitas untuk kamu dan pasangan.

Memilih tempat yang jauh dari rutinitas, melakukan kegiatan bersama, sampai menciptakan kembali intimacy yang mungkin sempat memudar. Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan bersama, pastinya bisa menambah kebahagiaan dalam hubungan.

6. Selalu ingat momen bahagia yang pernah dilalui bersama

Mengalami ups and downs itu sangat wajar dalam satu hubungan. Saat “terjatuh” kamu jangan langsung gampang menyerah dengan keadaan. Coba deh ingat-ingat beberapa hal menyenangkan dan momen bahagia yang pernah dilakukan bersama. Seperti momen  kencan pertama atau saat kamu melamar si dia. Dengan begini, rasanya kamu akan lebih mudah buat menghargai suatu hubungan yang terjalin dan enggak gampang menyerah karena sudah banyak melalui momen berarti bersama pasangan.

Baca juga: 5 Ide Kencan Untuk Membuat Kagum Pasangan Anda

7. Buat agenda seks rutin

Last but not least, punya hubungan ranjang yang berkualitas juga enggak kalah penting dengan meluangkan waktu kencan berdua di luar rumah. Jadi, pastikan di sela kesibukkanmu, selalu selipkan waktu buat bercinta dengan pasangan. Supaya hubungan lebih langgeng, kamu harus punya performa dan stamina yang prima. Dan hal ini bukanlah hal yang mustahil buat diwujudkan. Dengan rutin minum Bee Ultra, kamu bakal punya stamina yang prima setiap waktu meski dalam kesibukan yang padat sekalipun.

Nah, itu dia tips menjaga hubungan yang bahagia bersama pasangan yang bisa kamu ikuti. Selamat mencoba!