Diet low carb atau diet karbo merupakan diet yang belakangan ini menjadi populer. Seringkali, diet karbo diartikan dengan tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali. Padahal, diet low carb ini tetap membutuhkan karbohidrat, tetapi dalam porsi yang lebih sedikit daripada biasanya.

Karena terbukti efektif menurunkan berat badan, diet karbo atau diet low carb sering digunakan banyak orang yang punya ketergantungan terhadap karbohidrat.

Pada dasarnya, diet low carb atau diet rendah karbohidrat merupakan diet yang dimana kita hanya mengonsumsi karbohidrat dalam level yang rendah dan lemak dalam level yang tinggi. Diet ini menjadi popular karena selain baik untuk kesehatan, diet ini juga mampu menurunkan berat badan kamu, loh.

Pada diet low carb ini, konsumsi tepung dan gula wajib diminimalisir, tetapi diperbolehkan untuk mengkonsumsi jenis makanan lain hingga puas. Nah, tentunya menjalani diet ini nggak mudah, apalagi bagi orang Indonesia yang sulit merasa kenyang jika belum makan nasi. Namun, dengan niat dan usaha yang keras, kita pasti bisa menjalani diet ini.

Baca juga: 5 Cara Efektif Tingkatkan Stamina Tubuh

Jenis Diet Low Carb atau Diet Karbo

Perlu diketahui bahwa diet rendah karbohidrat terdiri atas 3 jenis berdasarkan jumlah konsumsi karbohidrat harian.

  • Ketogenis Low Carb, yaitu diet dengan konsumsi karbohidrat dibawah 20 gram per hari.
  • Moderate Low Carb, yaitu diet dengan 20-50 gram karbohidrat yang dapat dikonsumsi per hari.
  • Liberal Low Carb, yaitu diet dengan konsumsi karbohidrat sebesar 50-100 gram per hari.

Kamu perlu menentukan terlebih dahulu jenis diet low carb yang mana yang ingin kamu jalani karena hal itu akan mempengaruhi jenis makanan dan menu-menu rendah karbohidrat yang dapat dan tidak seharusnya kamu konsumsi. Namun, jika kamu merupakan pemula, disarankan untuk memulai diet rendah karbohidrat ini dari liberal low carb, sehingga tubuh kamu tidak akan terlalu kaget dan dapat lebih mudah beradaptasi ketika pemotongan konsumsi karbohidrat dilakukan.

Baca juga: Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Tambah Stamina Pria

Lalu, apa saja manfaat yang bisa kamu rasakan jika melakukan diet low carb ini? Berikut ini adalah ulasannya:

Diet Low Carb atau Diet Karbo Efektif Membakar Lemak

Saat mengkonsumsi karbo dalam jumlah besar, otomatis kamu dapat menambah cadangan makanan yang ada di dalam tubuhmu. Semakin menumpuk, maka cadangan lemak yang masih ada di dalam badanmu tidak akan pernah terpakai, dan berat badanmu akan terus bertambah.

Karena itu, membatasi asupan karbohidrat bisa membantu badan untuk membakar cadangan lemak, dan menjadikannya sebagai energi. Biasanya, dieters yang melakukan diet karbo akan merasakan asupan energi yang lebih besar setelah seminggu.

Tidak Gampang Merasa Lapar

Mengonsumsi karbohidrat dan gula dalam jumlah besar, mampu membuat tubuh lebih mudah untuk lapar! Karena itu, salah satu manfaat low-carb diet adalah menstabilkan kandungan gula darah. Sehingga tubuh menjadi tidak gampang lapar.

Mengurangi Kembung

Karbohidrat membuat tubuh menahan asupan air, sehingga kamu akan mudah kembung. Cobalah untuk mengurangi asupan karbohidrat selama seminggu, dan kamu akan merasakan rasa kembung tiap setelah makan jadi perlahan hilang.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Yang Mudah Membuat Kamu Terserang Penyakit

Pola Tidur Membaik

Ternyata, orang dengan gangguan tidur diketahui dapat tidur lebih baik setelah melakukan diet karbo. Low-carb diet mampu memaksimalkan metabolisme tubuh kita. Dengan metabolisme yang maksimal, pola tidurmu pun bisa jadi lebih teratur.

Tidak Ada Larangan Makan

Diet yang cukup fleksibel ini tidak akan membuatmu merasa bersalah saat menyantap daging atau makanan berlemak lainnya. Karena memang kamu tidak berhenti memakannya, tetapi hanya mengurangi jumlahnya. Menyenangkan bukan?

Jadi, tertarik mencoba diet ini?