Guys, kalian pernah dengar istilah love languages atau bahasa cinta? Istilah ini dikembangkan oleh Dr. Gary Chapman lewat buku berjudul “The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts. Love languages merupakan cara seseorang mengekspresikan dan menerima cinta.

Setiap orang punya caranya sendiri atau punya bahasa cinta yang bisa jadi berbeda termasuk dengan pasangan nih. Perbedaan ini terkadang menimbulkan masalah antara pasangan atau biasa dibilang bahasa cintanya enggak nyambung. Lantas, bagaimana caranya biar bahasa cinta kamu nyambung dengan pasangan? Simak penjelasan berikut, ya.

Words of Affirmation

Mereka yang termasuk dalam tipe ini menganggap kata-kata dari pasangan sebagai bentuk cinta. Pujian, kata-kata cinta seperti “I love you”, dan kata-kata penyemangat membuat si dia merasa disayang. Berikan apresiasi kepada pasangan atas hal kecil yang dilakukannya lewat ucapan ataupun chat romantis. Selipkan kata-kata manis namun lakukan secara natural, jangan sampai terkesan dibuat-buat alias gombal semata.

Baca Juga: 5 Cara Menunjukkan Kasih Sayang Kepada Pasangan

Acts of Service

Perbuatan seperti menyiapkan sarapan, membantu membawa barang berat, dan perbuatan kecil lainnya membuat pasangan merasa dihargai. Mereka yang punya bahasa cinta ini menilai tindakan pasangan sebagai bukti cinta kepada mereka. Manjakan pasangan dengan bantuan-bantuan kecil yang membuatnya merasa senang sekaligus dicintai.

Receiving Gifts

Memberikan hadiah artinya memberikan cinta. Inilah cara mereka yang punya bahasa cinta ini menerjemahkan hadiah dari pasangan. Tapi bukan berarti kamu harus memberi hadiah yang mahal kepada pasangan. Sesekali, bolehlah memberi barang berharga dengan nilai yang tinggi. Namun ingat kalau pasangan menyukai hadiah yang dipilih dengan penuh pertimbangan dan sesuai dengan karakter pasangan.

Quality Time

Waktu berkualitas artinya kamu benar-benar fokus saat menghabiskan waktu dengan pasangan atau tidak ada gangguan sama sekali. Kamu hanya sibuk mendengarkan, menanggapi percakapan, dan melakukan aktivitas bareng pasangan. Tak mesti melakukan aktivitas yang penuh perencanaan seperti makan malam romantis di resto atau berlibur, aktivitas seperti masak bareng atau menonton film di rumah bisa dilakukan. Intinya, tidak membagi waktu dengan hal lain saat bersama pasangan.

Baca Juga: Hindari 7 Kesalahan Ini Dalam Menjalin Hubungan 

Physical Touch

Pegangan tangan, pelukan, ciuman, dan sentuhan fisik lainnya diharapkan pemilik bahasa cinta ini. Berbagai sentuhan ini dianggap sebagai wujud kasih sayang. Tak hanya dekat secara fisik, sentuhan juga membuat pasangan merasa nyaman dan terhubung secara emosional.

Agar hubungan dengan si dia berjalan lancar, kenali bahasa cinta kamu dan pasangan dengan baik. Meski setiap orang punya bahasa cinta yang dominan, para ahli menganjurkan untuk tidak hanya fokus pada satu bahasa cinta.

Misalnya, saat pasangan sedang patah semangat dalam pekerjaannya, dibanding memberi hadiah yang merupakan bahasa cinta dominannya, kamu bisa memberikan kata-kata penyemangat atau meluangkan waktu untuk mendengarkan curhatannya.

Selamat mengenal bahasa cinta pasanganmu untuk hubungan yang lebih harmonis ya, guys!