Gangguan ejakulasi tak hanya ejakulasi dini. Sebaliknya, sebagian pria justru mengalami ejakulasi tertunda, yaitu kondisi saat pria butuh stimulus seksual lebih dari 30 menit untuk ejakulasi. Bahkan, ada yang tidak mengalami ejakulasi sama sekali.

Sebagian pria mengalami ejakulasi tertunda saat situasi tertentu. Namun sebagiannya lagi, merasakan ejakuasi tertunda setiap kali berhubungan seksual. Untuk lebih paham tentang disfungsi seksual ini, simak pembahasannya berikut, ya.

Baca Juga: Fungsi Hormon Testosteron Pria

Apa Penyebabnya?

Dikutip dari laman Healthline, masalah fisik atau psikologis bisa menjadi penyebab ejakulasi tertunda. Masalah psikologis seperti rasa cemas dan depresi bisa menekan hasrat seksual serta menyebabkan gangguan ejakulasi ini.

Hubungan yang kurang harmonis dengan pasangan juga termasuk faktor psikologis. Sering kali, para pria ini bisa mengalami ejakulasi saat masturbasi tapi tidak saat distimulus oleh pasangan.

Ejakulasi yang hanya bisa terjadi saat masturbasi bisa juga disebabkan karena ekspektasi yang tak terpenuhi. Stimulus seksual dari pasangan terasa berbeda dengan stimulus saat masturbasi. Selain itu, realitas bercinta yang berbeda dengan fantasi seksual bisa memicu ejakulasi tertunda.

Sedangkan, penyebab dari faktor gangguan fisik seperti sensitivitas penis yang berkurang seiring bertambahnya usia. Adanya masalah kesehatan dan penggunaan obat-obatan tertentu bisa juga memengaruhi ejakulasi.

Baca Juga: Bahaya Masturbasi Setiap Hari

Dampak Ejakulasi Tertunda

Gangguan ejakulasi ini bisa membuat pria tak percaya diri, stres, dan enggan bercinta. Hubungan dengan pasangan juga bisa meregang. Pasalnya, sebagian wanita mungkin merasa bersalah, tak percaya diri, hingga merasa ditolak oleh pasangan. Hal ini bisa memicu konflik dalam hubungan.

Apa yang Harus Dilakukan?

Karena termasuk disfungsi seksual, segera konsultasikan dengan dokter jika mengalami ejakulasi tertunda. Sebaiknya, terbuka dan komunikasikan dengan pasangan tentang masalah yang dialami demi menjaga kualitas hubungan. Beri pengertian dan ajak pasangan untuk mencari solusi bersama.

Terapkan pula gaya hidup sehat untuk mencegah munculnya masalah kesehatan dan stres. Jangan lupa juga, jaga daya tahan tubuh dan stamina dengan konsumsi BEE Ultra!