Guys, kamu pasti enggak asing dengan istilah menopause. Tapi tahukah kamu kalau pria juga mengalami menopause atau disebut sebagai andropause.

Andropause merupakan kondisi menurunnya kadar testosteron seiring bertambahnya usia. Biasanya andropause terjadi pada pria yang berusia di atas 40 tahun. Untuk mengetahui lebih jauh tentang andropause, simak beberapa fakta berikut.

Terjadi Secara Perlahan

Dikutip dari laman Mayo Clinic, penurunan kadar testosteron terjadi secara perlahan dan berlangsung dalam waktu yang lama, hingga bertahun-tahun. Umumnya, para pria mengalami penurunan level testosteron sekitar 1% per tahun sejak menginjak usia 30 tahun.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Hormon Testosteron

Gejala Andropause

Tanda-tanda andropause mungkin tak disadari sebagian pria. Gejalanya pun beragam. Dikutip dari laman Healthline, berikut beberapa gejalanya:

– Tingkat libido yang rendah

Hal ini dapat berdampak pada fungsi dan gairah seksual

– Disfungsi Ereksi

Semakin bertambahnya usia, pria biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk ereksi dan ereksi yang terjadi mungkin tidak akan sekuat dulu

– Penurunan Energi

Testosteron membantu menjaga level energi. Andropause dapat membuat tubuh lebih cepat lelah dan kehilangan energi

– Penurunan Massa Otot

Level testosteron yang menurun juga dapat menyebabkan penurunan massa otot dan kekuatan tubuh, hingga peningkatan kadar lemak tubuh

– Stres

Tak hanya memengaruhi kondisi fisik dan seksual, andropause juga dapat menimbulkan masalah psikologis. Perubahan mood dan kurangnya motivasi rentan memicu stres dan depresi. Hal ini juga bisa berdampak pada kuantitas dan kualitas tidur.

Baca Juga: Bahaya Masturbasi Setiap Hari

Cara Mengatasi Andropause

Terjadi secara perlahan dan kerap tak disadari sebagian pria, kamu harus lebih sadar dan peduli dengan kondisi tubuhmu. Meskipun merupakan proses alami, kamu tetap bisa berupaya menjaga testosteron dalam kadar yang normal.

Terapkan pola hidup sehat mulai sekarang. Penuhi asupan makanan yang bergizi dan seimbang, lakukan aktivitas fisik secara rutin, istirahat yang cukup, kelola stres, dan jangan lupa konsumsi BEE Ultra setiap hari. Berfungsi sebagai pengatur hormon testosteron alami, jadikan BEE Ultra sebagai bagian dalam pola hidup sehatmu. Yuk, bisa yuk, hidup sehat penuh energi hingga tua!