Seiring bertambahnya usia, kadar lemak dalam tubuh cenderung meningkat. Peningkatan lemak dalam tubuh ini tampak berbeda-beda pada setiap orang. Untuk pria, peningkatan lemak ini biasanya tampak di area perut atau disebut lemak visceral.

Dikutip dari laman Healthline, lemak visceral tersimpan dekat beberapa organ tubuh vital seperti hati dan usus. Lemak visceral dapat mencapai hati dan berubah menjadi kolesterol yang nantinya masuk ke aliran darah serta menumpuk di pembuluh darah.

Jika dibiarkan, lemak ini bisa menimbulkan risiko kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Bahaya banget kan? Makanya, penting untuk menjaga kadar lemak di area perut ini dengan beberapa tips berikut.

Konsumsi Protein dan Serat

Makanan yang mengandung protein membuat tubuh kenyang lebih lama. Protein juga meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Selain protein, konsumsi serat larut air (soluble fiber) dapat menunda rasa lapar dan mengikis lemak di perut. Apel, jeruk, alpukat, oat, dan ubi merupakan beberapa contoh serat larut air. Imbangi konsumsi protein dan serat dengan membatasi makanan manis dan berlemak. Lengkapi juga pola makan sehat dengan konsumsi BEE Ultra yang berfungsi mengatur testosteron secara alami dan memelihara kesehatan tubuh. Karena penurunan hormon testosteron dapat meningkatkan berat badan.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Aktif Bergerak

Bakar lemak dalam tubuh dengan aktif bergerak. Kurangi kebiasaan duduk seharian tanpa banyak bergerak. Biasakan berdiri dan berjalan selama beberapa menit setiap 1-2 jam sekali.  Jadwalkan juga kegiatan olahraga 2-3 kali dalam seminggu. Olahraga kardio yang membakar banyak kalori dan meningkatkan metabolisme bisa menjadi pilihan. Olahraga lain yang bisa dilakukan yaitu angkat beban dan gerakan olahraga yang melibatkan beberapa otot sekaligus seperti squat dan lunges.

Tidur Berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas ternyata berpengaruh pada kadar lemak tubuh. Kurang tidur dapat berdampak pada fungsi metabolisme tubuh. Tubuh akan menghemat energi dengan memperlambat fungsi tubuh saat tidak mendapat istirahat yang cukup, seperti dikutip dari laman Men’s Health. Usahakan tidur 6-7 jam setiap hari.

Baca Juga: 5 Tips Mendapatkan Tidur Berkualitas

Atasi Stres

Agar dapat menjalankan gaya hidup sehat, kelola kadar stres dengan baik. Stres terus-menerus dapat membuat jadwal makan, olahraga hingga jadwal tidur berantakan. Ditambah lagi, sebagian orang terbiasa makan lebih banyak ketika mengalami stres. Cobalah atasi stres dengan meditasi dan bercerita dengan orang terdekat. Upayakan untuk tetap menjalani hidup sehat meski sedang stres.