Setiap orang berolahraga dengan motivasi yang berbeda. Salah satunya, untuk membentuk otot.

Tampak mudah, beberapa orang masih belum menemukan ramuan yang tepat untuk membentuk otot sesuai harapan. Selain rutin mengonsumsi protein dan latihan angkat beban, beberapa tips berikut bisa diterapkan.

Buat Target

Rancang target yang masuk akal dengan latihan yang dilakukan. Mulailah secara bertahap dan jangan mengharapkan hasil yang instan. Kuncinya, kenali tubuh dan jenis latihan yang dilakukan, lakukan latihan secara rutin, serta bersabar.

Melatih Otot Secara Bergantian

Ingin membentuk bagian otot tertentu dan hanya fokus melatihnya? Disarankan untuk melakukan latihan yang melatih beberapa otot sekaligus. Namun lakukan latihan tersebut secara bergantian. Buat jadwal selang-seling agar otot punya waktu beristirahat sehingga terhindar dari cedera. Misalnya, hari pertama melatih otot bagian bawah, hari kedua melatih otot dada dan bahu. Jika otot masih terasa nyeri setelah berolahraga, ambil waktu istirahat 1-2 hari dan jangan memaksakan diri.

Baca Juga: 7 Jenis Workout Singkat Untuk Otot Yang Lebih Padat

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Pembentukan otot membutuhkan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, hingga mineral. Jadi, pastikan menu makanan yang dikonsumsi mengandung gizi seimbang selain tinggi protein. Hindari mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak. Batasi kadar karbohidrat dengan makan karbohidrat hanya setelah berolahraga untuk membantu pembentukan otot.


Makan Lebih Dari 3 Kali Sehari

Perhatikan juga porsi makan. Pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki kalori yang cukup. Upayakan untuk makan dalam jumlah yang kecil 5-6 kali sehari agar tubuh tidak kelaparan dan makan berlebihan. Kekurangan kalori akan menghambat pembentukan otot.

Baca Juga: 4 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pria Saat Berolahraga

Minum Air Putih yang Cukup

Agar pertumbuhan otot maksimal, penuhi asupan air. Saat melakukan latihan kekuatan, tubuh kehilangan cairan lewat keringat. Cegah dehidrasi dengan minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga. Utamakan air putih dan batasi minuman berenergi serta sport drink.


Tidur Cukup

Istirahat dan tidur yang cukup akan membantu proses pemulihan pasca olahraga dan pembentukan otot. Kurangnya waktu tidur dapat menghambat hormon yang berguna bagi pertumbuhan otot dan meningkatkan risiko cedera.

Kalau kamu, apa rahasiamu agar sukses membentuk otot?