Artikel


7 Nutrisi Penting Dalam Membentuk Otot

Published at 13 - 01 - 2020

Untuk menjadi sehat beberapa orang memilih berolahraga tanpa henti. Mereka ingin membentuk ototnya, namun tidak diimbangi dengan asupan nutrisi penting yang tepat. Hal ini membuat mereka pun tidak bisa mencapai tujuan dan kemudian menyerah di tengah jalan.

Baca juga: 7 Makanan Aphrodisiac Untuk Meningkatkan Hasrat

Padahal untuk membentuk otot perlu juga diimbangi dengan berbagai nutrisi yang berasal dari berbagai makanan. Apa saja sih makanan yang perlu dikonsumsi selama berlatih? Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

1. Telur

Telur menjadi salah satu nutrisi penting dalam membentuk otot. Karena telur mengandung protein berkualitas tinggi, asam amino, lemak yang benar, serta vitamin D. Selain itu, makanan ini juga ramah di kantong.

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan terbukti bahwa telur tidak berbahaya bagi kesehatan. Apalagi bila kamu mengonsumsi bagian putihnya saja yang kaya akan protein. Selain itu, putih telur juga bisa memberikan tambahan massa otot. Tidak heran bila banyak orang mengonsumsi putih telur yang direbus.

2. Daging ayam tanpa kulit

Untuk pilihan nutrisi selanjutnya adalah daging ayam tanpa kulit. Makanan yang satu ini punya sumber protein tinggi yang sangat bagus untuk membentuk dan memperbaiki otot, kesehatan tulang, hingga menjaga berat badan tubuh.

Selain punya banyak sumber protein tinggi, daging ayam tanpa kulit juga cukup mudah didapatkan. Kamu cukup ke supermarket dan membelinya, kemudian bumbui, lalu masak dengan cepat. Simpel banget.

Oh iya, kalau bisa pilih daging tanpa kulit di bagian dada untuk hasil yang lebih optimal.

3. Daging sapi tanpa lemak

Selanjutnya kamu bisa mengonsumsi daging sapi tanpa lemak sebagai nutrisi dalam membentuk otot. Daging sapi tanpa lemak sarat akan zat-zat yang penting dalam pembentukan otot tubuh, seperti zat besi, zinc, serta vitamin B.

Dan yang lebih penting lagi, daging sapi tanpa lemak juga menyediakan protein dengan kualitas terbaik dan asam amino berkualitas tinggi. Dua senyawa tersebut akan bekerjasama dengan insulin untuk menghasilkan otot tubuh. Oleh karena itu, makanan ini sangat direkomendasikan untuk disantap bagi mereka yang tengah berusaha membentuk otot.

Untuk menyantapnya, kamu bisa memanggang daging sapi tanpa lemak dengan kondisi medium rare. Ya, seperti steak.

4. Gandum

Selama membentuk otot, tentu kamu akan bosan mengonsumsi daging dan telur. Kamu pasti membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi. Untuk itu, kamu bisa mendapatkannya melalui gandum. Ya, tentunya kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk roti gandum, bukan minuman bir, ya.

Selain jadi sumber karbohidrat, gandum juga kaya akan serat. Oleh karena itu, tidak heran makanan ini bisa menjadi pilihan dalam membentuk otot. Apalagi bila kamu merupakan seorang vegetarian atau vegan.

5. Oatmeal

Makanan selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah Oatmeal. Ya, oatmeal bisa menjadi alternatif lain sebagai sumber karbohidrat. Nutrisi yang ini sangat penting dalam menstabilkan gula darah serta menjaga nafsu makan.

Selain itu, oatmeal juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Apa pentingnya indeks glikemik rendah? Zat ini bisa menahan lapar lebih lama sehingga kamu mudah tergoda untuk ngemil. Jadi, oatmeal merupakan sumber karbohidrat yang sangat bagus.

6. Keju lembut

Berikutnya hadir keju lembut sebagai sumber nutrisi penting dalam membentuk otot. Tidak banyak orang yang tahu, bila keju lembut mengandung protein kasein yang murni. Protein jenis ini merupakan zat yang cukup lambat dicerna. Oleh karena itu, protein ini sangat bagus untuk pembentukan otot tubuh.Keju yang lembut juga mengandung vitamin B12, kalsium, serta nutrisi lain yang berguna untuk tubuh.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa langsung memakannya atau mengoleskannya pada roti gandum. Bila dioleskan pada roti gandum, tambahkan juga dengan sayur-sayuran, serta daging. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan semua nutrisi yang berguna bagi pembentukan otot.

7. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah-buahan dan sayur-sayuran kaya akan antioksidan yang penting untuk sistem imun tubuh. Tidak hanya itu, makanan ini juga sarat akan vitamin serta beta karoten, yang dibutuhkan untuk kelancaran pencernaan.

Untuk itu, bila kamu mengonsumsi semua makanan di atas, harus diimbangi dengan buah-buahan dan sayur-sayuran. Supaya tidak hanya otot yang terbentuk, melainkan badan yang lebih sehat.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga Yang Tetap Bisa Dilakukan Saat Liburan

Itu tadi tujuh nutrisi penting dalam membentuk otot yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Namun, bila mengonsumsi nutrisi di atas belum cukup, kamu bisa menambahkannya dengan suplemen Bee Ultra.

Karena suplemen ini mengandung Bee Pollen dan Royal Jelly Plus yang membantu kamu memperoleh stamina yang tangguh. Jadi, makanan mana yang paling kamu suka?