Artikel


Benarkah Pria Juga Bisa Mengalami PMS?

Published at 15 - 07 - 2022

Pada saat hendak datang bulan, wanita sering kali mengalami perubahaan mood yang dinamakan dengan PMS atau pre-menstrual syndrome. Namun ternyata, tidak hanya wanita yang bisa mengalami gejala PMS, namun juga pria. Seperti apakah itu?

Pada pria, kondisi ini disebut Irritable male syndrome atau IMS. Gejala ini juga dikenal dengan sebutan lain yaitu male depressive syndrome. Saat pria mengalami IMS, kondisi yang biasa muncul adalah mudah merasakan gugup, gelisah atau tersinggung (irritable), kelelahan, dan depresi. Kondisi ini dipengaruhi oleh keadaan hormon testosteron yang menurun sehingga menyebabkan timbulnya gejala IMS dan kondisi mood yang buruk.

Baca Juga: Efek Stres Pada Pria

Menurut pendapat seorang psikoterapis Jed Diamond, Ph.D., gejala IMS pada pria dapat berkembang dan membentuk kebiasaan baru dalam dua kategori. Kategori pertama adalah depresi parah hingga muncul keinginan bunuh diri. Sedangkan bentuk kedua adalah dengan menjadi agresif, pemarah, dan melakukan tindak kekerasan. Selain gejala-gejala psikis, terdapat pula beberapa keluhan fisik yang sering dialami pria saat mengalami IMS seperti kehilangan gairah seksual, nyeri punggung, sakit kepala, dan gangguan fungsi seksual.

Baca Juga: Mengenali Andropause Pada Pria

Selain disebabkan oleh perubahan kadar testosteron, IMS juga dapat dipicu oleh tingkat stres yang tinggi dan penurunan kadar zat serotonin pada otak akibat asupan nutrisi yang kurang seimbang atau diet yang salah. Namun, perlu diperhatikan bahwa menurunnya hormon testosteron tidak hanya disebabkan oleh stres dan perasaan tertekan. Hormon ini juga dapat menurun karena banyak faktor. Di antaranya, penuaan, penyakit, obesitas, kebiasaan merokok, kebiasaan minum alkohol, dan pemilihan diet yang salah. Kadar testosteron akan menurun sebesar 1% per tahun saat pria berusia 40-70 tahun. Jika kamu mengalami gejala IMS, segera konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut ya.