Artikel


Jenuh Dengan Pasangan, Harus Apa?

Published at 28 - 01 - 2022

Jenuh dalam hubungan asmara itu hal yang wajar. Tak selalu berarti hubungan akan berakhir. Penyebabnya juga bermacam-macam. Dikutip dari Psychology Today, secara umum, rasa jenuh disebabkan kurangnya hal baru dan kurangnya stimulasi dalam hubungan. Hanya menjalani rutinitas termasuk dalam hubungan akan memicu rasa jenuh.

Berikut beberapa tanda rasa jenuh dalam hubungan seperti dikutip dari Verywell Mind:

– Kurang tertarik dengan kehidupan atau perasaan pasangan

– Kurang memberikan perhatian pada pasangan

– Lebih suka menghabiskan waktu dengan orang lain

– Tidak menikmati waktu bersama

– Berharap bisa mengubah pasangan

Meski merupakan hal yang umum dialami, rasa jenuh tidak boleh diabaikan karena akan mengurangi kepuasan hubungan di masa depan. Terlihat sepele sekarang, rasa jenuh yang dibiarkan akan memuncak dan bisa merusak hubungan suatu hari nanti. Atasi dengan beberapa cara ini.

Coba Hal Baru

Rutinitas umumnya akan memberikan hasil yang diharapkan dan membantu mengatur kegiatan harian. Tapi jangan terlalu kaku soal rutinitas yang malah bikin hidup tertekan sampai terasa membebani. Jika susah mengubah rutinitas, jadwalkan waktu kencan rutin dengan pasangan. Waktu kencan ini tak mesti selalu di akhir pekan dan dengan durasi lama.

Baca Juga: Jaga Hubungan Tetap Seru Dengan Couple’s Bucket List

Kreatiflah dalam merencanakan kencan. Misalnya, menjadwalkan movie night di Rabu malam. menyiapkan makan malam bersama di hari Jumat, dan staycation di hari Minggu. Agar makin seru, buat peraturan yang out of the box, misalnya menu makanan yang dimasak hanya menggunakan bahan-bahan tertentu atau waktu memasak hanya boleh 30 menit. Manfaatkan waktu kencan ini untuk eksplorasi dan mungkin saja kamu akan menemukan sisi baru pasangan meski sudah lama bersama.

Contoh ide kencan yang bisa dicoba:

– Mengunjungi tempat baru

– Mencoba satu aktivitas baru setiap minggu atau per bulan

– Double date dengan sahabat

– Menonton konser atau pertunjukan seru

– Ikut kursus yang unik

Punya Me Time

Sebagian orang merasa jenuh karena selalu beraktivitas bersama pasangan atau keluarga. Kebiasaan ini bisa saja membuat kamu merasa harus melakukan apa saja demi hubungan dan lupa pada diri sendiri. Ciri-cirinya, tidak punya hobi, ketertarikan, atau cita-cita di luar yang dilakukan bersama pasangan.

Sepadat apapun aktivitasmu, luangkan waktu untuk me time. Berikan juga kesempatan kepada pasangan untuk me time. Meski dilakukan hanya dalam waktu singkat, me time punya banyak manfaat. Mulai dari membantu mengatasi stres, lebih mengenal diri sendiri, hingga menyadari bahwa kebahagiaan diri sendiri tidak bergantung kepada orang lain.

Baca Juga: Cara Romantis Yang Sederhana Agar Makin Dekat Dengan Pasangan

Introspeksi Diri

Jika masih ada rasa jenuh meski sudah mencoba berbagai hal baru dengan pasangan, coba introspeksi diri. Renungkan kenapa muncul rasa jenuh, apakah karena pola pikir atau masalah dalam hubungan yang belum diselesaikan. Dikutip dari Men’s Health, kebanyakan orang fokus mencari atau menemukan kesalahan pasangan dan lupa pada kondisinya sendiri.

Selain beberapa penyebab di atas, penyebab lain seperti kurangnya komunikasi, ketidakcocokan, dan berbagai faktor yang lebih serius juga bisa menyebabkan rasa jenuh. Maka itu, penting menganalisis hubungan lebih dalam dan tidak meremehkan rasa jenuh apalagi jika sudah terjadi cukup lama.