Artikel


Kapan Masa Subur Bagi Pria?

Published at 22 - 07 - 2022

Selama ini, kita sering mendengar wanita yang memiliki masa subur. Namun, ternyata bukan hanya wanita, pria juga memiliki masa subur yang hampir sama dengan wanita. Lalu kapan sajakah itu?

Sebelum membahas lebih jauh soal masa subur pria, perlu diketahui bahwa ada perbedaan mendasar antara masa kesuburan wanita dan pria. Pada wanita, masa subur bisa terjadi antara 2 - 3 hari selama 1 bulan setelah berakhirnya menstruasi. Sedangkan pada pria, masa subur tersebut terjadi hampir setiap hari. Di mana masa subur pria merupakan kondisi saat sperma berada dalam jumlah yang sangat banyak dengan kondisi yang sangat baik.

Selain itu ada beberapa waktu tertentu di mana kualitas sperma pria menjadi lebih baik, bahkan dapat diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak. Menurut jurnal Chronobiology International, waktu terbaik bagi sperma adalah di pagi hari, tepatnya sebelum jam 7:30 pagi. Selain itu, kondisi musim juga memiliki peran yang besar untuk menentukan kualitas sperma. Di negara tropis seperti Indonesia, masa subur pria paling baik berlangsung saat subuh, ketika suhu udara belum terlalu panas.

Baca Juga: Infertilitas Pada Pria, Apa Saja Yang Perlu Diketahui?

Usia Memengaruhi Kesuburan

Namun, perlu diingat, usia juga memengaruhi kesuburan pada pria. Melansir dari Betterhealth, kesuburan pria umumnya menurun pada usia 40-45 tahun. Ketika kualitas sperma sudah menurun, artinya jumlah sperma yang sehat pun semakin berkurang dan mengurangi kemungkinan wanita untuk hamil.

Baca Juga: Manfaat Meditasi untuk Meningkatkan Kualitas Bercinta

Kesuburan pria juga berkaitan erat dengan pola makan dan pola hidup. Dengan menerapkan pola makan sehat yang memenuhi gizi seimbang serta rajin berolahraga, dapat membantu menjaga kualitas sperma tetap prima. Kamu bisa menambahkan beragam makanan seperti ikan, sayuran, dan biji-bijian utuh dalam menu harian untuk membantu membuat sperma lebih aktif dan meningkatkan peluang kesuburan.