Artikel


Manfaat Konflik dan Cara Mengatasinya

Published at 25 - 03 - 2022

Konflik dalam hubungan sering kali dianggap negatif dan merugikan. Tapi, setiap hubungan tentunya tak lepas dari konflik. Dibanding menghindari atau lari dari konflik yang ada, sebaiknya belajar cara mengatasinya.

Saat konflik muncul, reaksimu mungkin cemas, takut, marah, atau perasaan tak nyaman lainnya. Namun ingatlah bahwa konflik justru dapat memperkuat hubungan dengan membawa beberapa perubahan berikut.

Mengurangi Stres

Konflik bisa membuat sebagian orang stres. Namun bila setiap pihak terbuka mengekspresikan pendapatnya dan memahami pihak lain, konflik justru mengurangi stres. Masalah yang terus dipendam dapat memicu gangguan psikologis.

Meningkatkan Intimasi

Jika diatasi dengan baik, konflik membuat hubungan lebih erat. Ketika konflik, setiap individu akan mengutarakan pendapatnya. Cara ini membantu individu untuk lebih mengerti kebutuhan dan keinginan pasangannya. Setelah saling mengerti, tiap pihak akan berkompromi untuk mencari solusi. Berbagai perubahan baik akan dilakukan agar hubungan tetap harmonis.

Baca Juga: Jenuh dengan Pasangan, Harus Apa?

Mindset Positif

Saat konflik membuahkan hal baik, kamu akan lebih percaya diri mengungkapkan pendapatmu dan menghargai pendapat pasangan. Selain membuat hubungan lebih kompak, konflik juga meningkatkan kesabaran dan empati kepada orang lain.

Untuk meraih manfaat di atas, cara menangani konflik harus tepat. Ingat bahwa konflik termasuk bagian dari komunikasi. Dampaknya bisa berbeda dalam setiap hubungan, tergantung cara menyelesaikannya. Coba beberapa tips berikut agar konflik bikin hubungan makin erat bukan sebaliknya:

  • Fokus pada konflik yang penting Tidak semua pendapat yang berlawanan dengan pasangan perlu dibahas. Perbedaan dalam hubungan itu wajar. Sebelum membahas sesuatu dengan pasangan, renungkan apa topik tersebut bermanfaat bagi hubungan.

  • Pilih waktu yang tepat Hindari membahas suatu topik ketika kamu dan pasangan marah, stres, ataupun lelah. Berhenti sejenak juga jika emosi menjadi tak terkendali ketika konflik. Emosi yang berlebihan tak akan menyelesaikan konflik, justru menambah masalah.

Baca Juga: Efek Stres pada Pria

  • Saling menghargai Mulailah dengan ajakan berdiskusi yang tidak mengintimidasi. Lalu, ungkapkan perasaan dan kebutuhanmu. Setelahnya, minta pendapat pasangan. Dengarkan pendapat pasangan tanpa menghakimi atau menyalahkan. Ingat, diskusi ini karena adanya perbedaan. Jadi, jangan menganggap perbedaan ini sebagai kesalahan. Sebaliknya, cari solusi bersama dan siap berkompromi.

Selamat mencoba!