Artikel


Penting, Ini Yang Harus Dilakukan Usai Berolahraga

Published at 11 - 03 - 2022

Makan atau beristirahat merupakan kebiasaan yang umum dilakukan setelah berolahraga. Rasa lapar dan lelah sudah pasti pemicunya. Namun tahukah kamu kalau aktivitas yang dilakukan usai berolahraga itu sama pentingnya dengan kegiatan olahraga.

Dikutip dari Healthline, kegiatan tersebut berpengaruh terhadap tujuan olahraga itu sendiri, seperti pembentukan otot atau menurunkan berat badan. Rutinitas setelah olahraga juga membantu mempertahankan tingkat energi yang optimal. Maka itu, jadikan beberapa hal berikut sebagai kebiasaan usai berolahraga:

Penuhi Asupan Air

Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi. Pastikan minum air cukup untuk mengganti keringat yang keluar saat latihan fisik. Hindari minuman yang manis dan berkafein. Mengembalikan cairan tubuh akan meningkatkan fleksibilitas otot dan mencegah nyeri otot.

Ganti Baju

Kebiasaan satu ini berkaitan dengan perilaku hidup yang bersih. Baju yang basah karena keringat dapat memicu pertumbuhan kuman, bakteri, dan jamur. Hal ini bisa memicu masalah kulit seperti iritasi dan infeksi. Ganti pakaian olahragamu segera setelah berolahraga. Akan lebih baik lagi, kalau kamu bisa langsung mandi dan mengenakan pakaian baru yang bersih. Jika tak bisa mandi dan ganti baju, tepuk-tepuk tubuh dengan handuk basah, kemudian gunakan handuk kering untuk menyerap kelembapan. Dikutip dari Shape, cara ini untuk mencegah bakteri berkembang biak.

Baca Juga: Rajin Olahraga Tapi Otot Tak Tumbuh? Ini Sebabnya!

Konsumsi Protein

Dianjurkan makan dalam 30 menit sesudah berolahraga. Alasannya, untuk mengoptimalkan pemulihan dan membantu mengurangi nyeri otot. Lalu, apa yang perlu dikonsumsi? Jawabannya, karbohidrat dan protein yang merupakan makronutrisi.

Karbohidrat akan membantu mengisi energi tubuh dan protein membantu pemulihan otot. Pastikan konsumsi keduanya apapun tujuan olahragamu. Sebaiknya, siapkan kedua makanan ini sebelum berolahraga supaya kamu bisa langsung mengonsumsinya usai berolahraga.

Stretching

Jangan melupakan stretching setelah berolahraga. Stretching membantu meredakan ketegangan otot sehingga otot lebih relaks serta meningkatkan kelenturan otot. Setelah olahraga dengan intensitas tinggi, kamu bisa melakukan stretching pada kelompok otot utama. Di antaranya, otot glutes, hamstring, pinggul, otot inti (core) dan bahu, seperti dikutip dari Byrdie.

Baca Juga: Jenis Makanan untuk Penambah Stamina Pria

Gerakan Pendinginan

Sama pentingnya dengan gerakan pemanasan, gerakan pendinginan wajib dilakukan. Tujuannya, untuk mengembalikan detak jantung yang sebelumnya cepat agar kembali normal. Gerakan pendinginan juga membantu mengatasi otot yang tegang dan mengurangi risiko cedera. Selalu luangkan waktu sejenak untuk melakukan rutinitas ini. Sesuaikan gerakan pendinginan dengan jenis dan intensitas latihan yang dilakukan.