Artikel


Rajin Olahraga Tapi Otot Tak Tumbuh? Ini Sebabnya!

Published at 10 - 12 - 2021

Bagi yang motivasinya membentuk otot, rutinitas berolahraga sampai kontrol pola makan harus dijalani. Namun kalau kebiasaan ini sudah konsisten dilakukan tapi belum membuahkan hasil? Bisa jadi beberapa hal berikut jadi penyebabnya.

Kurang Tidur

Selain bikin konsentrasi menurun dan tubuh lemas, kurang tidur juga menghambat pertumbuhan otot. Hormon kortisol (stres) meningkat saat kurang tidur yang mengganggu hormon pertumbuhan di tubuh. Tubuh yang kurang energi akibat kurang tidur juga bikin aktivitas olahraga tidak maksimal.

Otot mengalami regenerasi saat tubuh tertidur. Maka itu, upayakan tidur minimal 7 jam sehari. Ciptakan kebiasaan dengan tidur dan bangun di waktu yang sama, di ruangan tenang dan gelap untuk kualitas tidur yang lebih baik.

Baca Juga: Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Tambah Stamina Pria

Kurang Protein

Kebanyakan orang sudah memperbanyak makanan tinggi protein ketika ingin membentuk otot. Protein bermanfaat membangun dan memperbaiki jaringan otot. Namun, yakin asupan protein kamu sudah cukup? Dikutip dari Men’s Health, tubuh terus mengambil cadangan protein untuk berbagai kebutuhan salah satunya, pembentukan hormon. Artinya, makin sedikit protein yang tersisa untuk pembentukan otot.

Atasi dengan konsumsi protein yang cukup setiap hari. Rekomendasi asupan protein harian untuk membentuk otot berkisar 1,6-2,2 gram per kilogram berat badan, seperti dikutip dari Healthline.

Selain asupan protein, konsumsi karbohidrat juga penting. Karbohidrat akan diubah menjadi glikogen yang akan menjadi sumber energi bagi tubuh. Energi ini dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga yang intens. Jadi, jangan takut mengonsumsi karbohidrat. Pilih karbo kompleks yang dicerna perlahan dalam tubuh seperti buah-buahan, oatmeal, dan biji-bijian.

Kurang Variasi Olahraga

Lakukan latihan otot secara bergantian. Jangan hanya fokus pada otot yang itu-itu saja. Jeda latihan otot yang sama juga mencegah risiko cedera dan memaksimalkan pertumbuhan otot. Bukan cuma itu, tingkatkan pula beban, repetisi, dan intensitas latihan.

Meski mungkin fokusmu ingin membentuk six pack atau memperbesar bisep dan trisep, otot kaki dan punggung tetap harus dilatih. Keduanya ini merupakan kelompok otot yang paling besar dan berpengaruh pada pembentukan otot tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pria Saat Berolahraga

Olahraga Berlebihan

Punya target itu wajib tapi jangan sampai bikin tubuh kelelahan sampai otot tidak punya waktu bertumbuh. Olahraga berlebihan juga meningkatkan risiko cedera sampai rasa bosan. Hasil akhirnya, target malah tidak tercapai.

Hindari berolahraga intens dua hari berturut-turut. Jadwalkan sekitar 3 kali latihan intens per minggu dan jangan lupa istirahat total 1-2 hari dalam seminggu.

Nah, mana nih dari beberapa hal di atas yang kemungkinan jadi penyebab pertumbuhan ototmu tidak maksimal? Mulai periksa kebiasaan latihan dan pola makan serta tidurmu ya. Kamu juga bisa selalu mengandalkan BEE Ultra dengan minum 2 kapsul setiap hari untuk menambah energi tubuh dan menjaga kadar testosteron yang salah satu fungsinya membantu pembentukan otot.