Artikel


Cara Sehat Move On dari Mantan

Published at 13 - 05 - 2022

Mengakhiri hubungan asmara pasti menimbulkan rasa kurang nyaman. Rasa kehilangan, kecewa, sedih, bahkan marah mungkin dialami. Tapi, jangan sampai terus-terusan hingga jadi beban pikiran. Pastikan kamu move on dari mantan supaya siap membuka hati untuk hubungan baru. Beberapa cara move on berikut bisa kamu coba:

Putus Kontak dari Pasangan

Salah satu cara cepat melupakan mantan adalah dengan membatasi hingga menghilangkan interaksi dengan mantan. Tak hanya interaksi dengan chat, telepon, atau ketemuan langsung, tapi juga interaksi via media sosial. Melihat kegiatan mantan lewat media sosial bisa saja menimbulkan kenangan hingga rasa patah hati.

Curhat dengan Orang Terdekat

Ungkapkan perasaan yang dirasakan dan jangan memendamnya. Sebab, memendam perasaan terlalu lama terkadang dapat berakhir menjadi pelampiasan yang kurang baik. Banyak cara mengenali dan menerima perasaanmu, misalnya dengan menulis buku harian atau curhat dengan orang terdekat yang bisa dipercaya.

Pelampiasan yang Positif

Katanya kesibukan akan membuat kita mudah melupakan sesuatu. Hal ini memang betul namun usahakan kegiatan yang dilakukan positif atau "sehat".

Baca Juga: Jenuh dengan Pasangan, Harus Apa?

Untuk melupakan, sebagian orang memilih segera menjalin hubungan baru. Tapi bisa jadi hubungan yang terjadi hanya sebagai pelampiasan alias rebound relationship. Tanpa persiapan, hubungan ini bisa berkembang menjadi tak sehat dan menimbulkan masalah baru.

Kamu bisa menyibukkan diri dengan kegiatan yang membawa hasil positif. Coba pikirkan hal-hal yang ingin kamu lakukan. Misalnya, menurunkan berat badan atau belajar satu keahlian. Setelahnya, buatlah target dan cara untuk mencapai target tersebut. Jadikan ini fokus kamu. Tak masalah jika rasa kurang nyaman masih menghampiri pasca berakhirnya hubungan. Wajar selama tidak dibiarkan berlarut-larut.

Baca Juga: Dibilang Cuek dan Kurang Peka? Ini Tips Mengatasinya

Renungkan Hubungan Lampau

Setelah emosimu sudah reda, perlahan coba renungkan hubungan asmara di masa lampau. Pasti ada pembelajaran yang bisa diambil. Tapi tak perlu terburu-buru untuk mencari hikmah dari hubungan yang lampau. Terutama jika hubungan tersebut meninggalkan luka atau terjalin cukup lama.

Perlu diingat, tak ada durasi ideal kapan seseorang harus move on. Yang penting, perasaan patah hatimu tidak memengaruhi kehidupan sehari-harimu.