Artikel


Leg Day? Melelahkan Namun Banyak Manfaat

Published at 06 - 10 - 2022

Tujuan dari Leg Day adalah melatih otot-otot di bagian kaki. Misalnya dengan meningkatkan kelenturan, membakar kalori dengan lebih cepat hingga menurunkan risiko cedera punggung. Leg Day harus dilakukan untuk menjaga keseimbangan latihan dan bentuk tubuh. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan adalah:

Memperkuat Fungsi Dasar Kaki

Jika fungsi dasar kaki terlatih dengan baik, maka kaki akan lebih optimal untuk menopang tubuh dan sensor suhu tubuh. Selain itu, otot-otot yang bertugas untuk berjalan, berlari dan berjongkok akan lebih terlatih sehingga meminimalisir kemungkinan otot menjadi kaku di masa tua nanti.

Baca Juga : Rajin Olahraga Tapi Otot Tak Tumbuh? Ini Sebabnya!

Penyeimbang Tubuh

Otot kaki yang kuat berguna untuk menyembingkan tubuh. Kamu tidak akan bisa melangkah, berjalan, bahkan berlari bila tidak memiliki otot kaki yang kuat. Kamu bisa berjalan tegak dan berdiri kokoh tidak lain karena adanya otot kaki.

Baca Juga : 4 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pria Saat Berolahraga

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Leg Day dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Contohnya dengan melakukan gerakan squat, step-up dan leg extension. Ketika sistem metabolisme tubuh meningkat, maka tubuh akan membakar energi lebih cepat sehingga makanan yang telah kamu konsumsi tidak akan menjadi lemak.

Meminimalisir Risiko Sakit Punggung

Apakah kamu memiliki masalah sakit punggung seperti sering merasa pegal dan kaku? Maka Leg Day bisa menjadi solusimu! Otot tubuh bekerja secara terkoneksi, ketika kamu melatih salah satu bagian, maka bagian yang lain akan mendapat rangsangan walau tidak seintens bagian yang dilatih. Tahukah kamu kalau otot tubuh bekerja secara terkoneksi? Ketika kamu melatih satu bagian, maka bagian yang lain akan mendapatkan rangsangan yang sama walaupun tidak seintens bagian utama yang dilatih.

Yuk mulai sekarang kita coba terapkan Leg Day ke dalam aktivitas gym kita!