Artikel


Jangan Lewatkan Leg Day, Ini Alasannya!

Published at 27 - 05 - 2022

Latihan otot kaki atau buat pencinta workout, pasti kenal dengan istilah leg day, sering kali diabaikan. Salah satu penyebabnya, latihan otot kaki melelahkan dan menguras tenaga. Membayangkan otot kaki yang terasa sakit keesokan harinya, membuat sebagian pria melewatkan leg day dan lebih fokus melatih otot tubuh bagian atas.

Apalagi, kebanyakan pria lebih tertarik membentuk otot tubuh bagian atas seperti lengan, perut, dan punggung. Namun latihan otot kaki tetap wajib dilakukan. Alasannya bisa dilihat dari berbagai manfaat berikut:

Meningkatkan Gerak Tubuh

Kaki yang kuat akan menjaga tubuh tetap seimbang, memperbaiki postur, dan memudahkan berbagai aktivitas. Misalnya, berjalan, berlari, dan lainnya. Berbagai gerakan yang dilakukan tubuh bagian atas seperti menarik, melempar, memukul, dan lainnya, juga menggunakan otot tubuh bagian bawah. Maka itu, otot bagian atas yang kuat saja tak cukup. Pastikan juga melatih otot kaki secara bergantian untuk meningkatkan keseimbangan tubuh.

Baca Juga: Rajin Olahraga Tapi Otot Tak Tumbuh? Ini Sebabnya!

Menstimulasi Hormon

Otot kaki merupakan salah satu bagian otot besar dan penting pada tubuh. Melatih otot yang besar, akan menstimulasi tubuh menghasilkan lebih banyak hormon testosteron. Dikutip dari Healthline, latihan otot kaki juga membantu tubuh memproduksi kortisol dan hormon pertumbuhan manusia (human growth hormone). Masing-masing hormon ini bermanfaat bagi tubuh.

Kortisol yang meningkat saat berolahraga, biasanya akan menjadi stabil kembali usai berolahraga. Karena alasan ini, sebagian orang mengelola stres dengan berolahraga. Sedangkan, hormon testosteron membantu dalam perbaikan dan pertumbuhan otot. Dimaksimalkan dengan hormon pertumbuhan manusia, yang meningkatkan imunitas dan metabolisme lemak.

Baca Juga: Titik Sensual Wanita, Di Mana Saja Sih?

Membakar Kalori

Sebagai salah satu otot tubuh yang besar, olahraga kaki akan membakar banyak kalori. Tentunya, dengan berbagai latihan menyeluruh pada bagian kaki. Ibaratnya, semakin besar otot yang dilatih, semakin banyak tenaga yang dibutuhkan. Hasilnya, tubuh akan membakar lebih banyak kalori. Cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Jadi, tak ada alasan lagi untuk menghindar dari leg day. Luangkan waktu untuk latihan kaki dalam sesi workout kamu. Sebelum berolahraga, pastikan konsumsi Bee Ultra. Cukup dua kapsul di pagi hari untuk menambah energi dan membantu mengatur kadar testosteron. Pastinya, tepat jadi pilihan pre-workout kamu.