Artikel


Ini yang Harus Dilakukan Setelah Bercinta

Published at 29 - 04 - 2022

Yang dimaksud setelah bercinta adalah seusai afterplay, kegiatan romantis usai orgasme atau klimaks untuk bonding dengan pasangan. Afterplay juga membantumu dan pasangan lebih relaks sesudah bercinta. Jadikan afterplay bagian dari aktivitas bercinta sama seperti foreplay.

Jika foreplay diibaratkan sebagai pemanasan, maka afterplay merupakan penutup sesi bercinta. Jadi, jangan langsung tidur, sibuk sendiri, atau beranjak sesudah orgasme. Berbagai kegiatan yang bikin santai seperti berpelukan, mendengarkan musik, atau mengobrol bisa dicoba. Tak ada batasan waktu untuk afterplay, lakukan senyaman mungkin. Baru sesudahnya, lakukan beberapa hal berikut:

Buang Air Kecil

Saat bercinta, bakteri dapat berpindah dari area intim ke saluran kemih. Cegah risiko infeksi saluran kemih dengan buang air kecil karena kuman-kuman tersebut akan keluar ketika buang air kecil. Untuk memudahkan buang air kecil, jangan lupa minum sebelum dan sesudah bercinta, sekaligus bermanfaat menjaga hidrasi tubuh.

Membersihkan Alat Kelamin

Tak harus dengan mandi, kamu bisa membersihkan bagian intim saja. Mulailah dengan mencuci tangan. Kebiasaan ini penting untuk mencegah kemungkinan adanya bakteri dari telapak tangan usai menyentuh area intim. Kemudian, basuh area intim atau bersihkan area luar penis dengan sabun berbahan ringan.

Baca Juga: Hal Yang Tidak Disukai Wanita Saat Lakukan Aktivitas Bercinta

Keringkan dan pakai celana dalam yang bersih dan kering. Pilih celana dari katun karena bahannya sejuk dan mudah menyerap kelembapan. Bersih-bersih ini untuk mencegah risiko infeksi saluran kemih seperti dikutip dari WebMD. Alternatifnya, kamu bisa mandi bersama pasangan. Cara ini bisa jadi afterplay yang seru.

Mencuci Sex Toys

Kamu yang menggunakan sex toys, jangan lupa mencucinya sesuai anjuran setelah dipakai. Meski memakai kondom, sex toys tetap harus dibersihkan usai digunakan. Sex toys yang bersih akan mencegah infeksi bakteri dan virus.

Agar tidak lupa, setelah cuci tangan, segera cuci sex toys sebelum membersihkan tubuh. Satu hal lagi yang patut diperhatikan adalah jangan menggunakan sex toys berbarengan dengan orang lain.

Baca Juga: 5 Hal Yang Harus Dilakukan Pria Sebelum Bercinta

Mengganti Seprai

Anjurannya, ganti seprai setiap 1-2 minggu sekali. Namun jika aktivitas bercinta mengotori seprai, sebaiknya ganti seprai lebih sering. Dikutip dari Medical News Today, cara lain agar seprai tetap bersih, letakkan handuk di atas seprai sebelum bercinta. Tips ini juga mencegah noda atau cairan menembus kasur.